Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Selain Medali Emas, Skuat Taekwondo Korea Punya Misi Lain pada Asian Games 2018

By Any Hidayati - Rabu, 8 Agustus 2018 | 16:27 WIB
Aksi salah satu peserta nomor Men Team Poomsae cabang Taekwondo 18th Asian Games Invitation Tournament di JIE Expo Kemayoran. ( FERNANDO RANDY/BOLASPORT.COM )

Selain menargetkan medali emas dalam jumlah masif, tim nasional taekwondo Korea Selatan ternyata juga memiliki misi lain selama gelaran Asian Games 2018.

Cabang olahraga bela diri taekwondo yang terdiri dari disiplin kyorugi dan poomsae akan memperebutkan total 14 medali emas pada Asian Games 2018.

Perinciannya, lima medali emas untuk kyorugi nomor putra, lima medali emas untuk kyorugi nomor putri, dan empat medali emas untuk poomsae.

Dilansir BolaSport.com dari Korea Times, Negeri Ginseng menargetkan sembilan medali emas yang terdiri dari enam keping dari kyorugi dan tiga dari poomsae.


Disiplin kyorugi merupakan disiplin yang berfokus pada kekuatan tanding para taekwondoin, sedangkan disiplin poomsae menguji kekompakan dan keindahan gerakan bela diri taekwondo.

Perbedaan spesifikasi disiplin inilah yang mendorong timnas taekwondo Korea Selatan -sebagai negara asal cabor bela diri ini- berhasrat untuk menebarkan keindahan taekwondo melalui ajang Asian Games 2018.

"Saya yakin siapapun yang belum mengenal Taekwondo juga akan merasakan keindahan dan kekuatan di setiap gerakan taekwondo," ujar Kwak Taek-yong selaku pelatih tim poomsae Korea Selatan.

(Baca Juga: Johann Zarco Siap Berduel dengan Duo Ducati di Red Bull Ring)

"Kami akan berusaha untuk memenangi semua event," ucap Kwak melanjutkan.