Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Emtek Group Angkat Bicara soal Siaran Asian Games 2018 yang Diacak

By Samsul Ngarifin - Selasa, 14 Agustus 2018 | 13:29 WIB
Logo Asian Games 2018. ( Inasgoc )

Direktur Program Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad, dan pihak Emtek Group memberikan penjelasan mengenai pengacakan siaran langsung Asian Games 2018.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi meminta Emtek Group untuk tidak mengacak siaran pertandingan Asian Games 2018.

Hal ini dilakukan supaya masyarakat Indonesia bisa memberikan dukungan kepada atlet Indonesia pada ajang pesta olahraga benua Asia itu.

Harsiwi Achmad dan pihak Emtek Group telah menjelaskan secara langsung kepada Menpora pada pertemuan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (13/8/2018).

(Baca Juga: Kemenangan Jorge Lorenzo Makin Membuat Ducati Menyesal)

"Pertemuan dengan Pak Menteri, banyak pertanyaan pendapat dari masyarakat, kenapa tayangan Asian games di-encrypt atau di acak," kata Harsiwi Achmad yang dikutip BolaSport.com dari Tribunnews.

Harsiwi menjelaskan bahwa pengacakan tersebut merupakan masalah hukum, kerja sama, legal dengan OCA selaku pemilik Asian Games di seluruh dunia.

"Kenapa Asian Games diacak? Untuk melindungi hak masing-masing tv di seluruh dunia yang menayangkan Asian Games, juga terlindungi," ujar Harsiwi.

"Kalau tayangan di Indonesia melalui satelit tidak diacak, yang terjadi nanti akan split over yang bisa diterima negara lain, itu masalah sesungguhnya," kata dia melanjutkan.

"Pak menteri sangat memahami posisi kami, karena bagaimanapun kepemilikan bukan di kami, yang memiliki Asian Games itu OCA, oleh karena itu dari sini beliau paham dan apply ke OCA, bisa atau tidak untuk tidak diacak," tutur Harsiwi lagi.