Asian Games 2018 Jadi Wadah Menempa Diri bagi Timnas Rugbi Tujuh Indonesia

By Aulli Reza Atmam - Rabu, 29 Agustus 2018 | 11:01 WIB
Tim Nasional Rugbi Tujuh Indonesia untuk Asian Games 2018. (INSTAGRAM/INDONESIANRUGBY)

Ajang Asian Games 2018 dibidik sebagai wadah untuk menempa diri bagi Tim Nasional Rugbi Tujuh Indonesia melalui kesempatan bertanding melawan tim-tim top seantero Benua Kuning.  

Cabang olahraga rugbi tujuh putera dan puteri Asian Games 2018 akan digelar mulai Kamis (30/8/2018) hingga Sabtu (1/9/2018) di Lapangan Rugbi Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sebagai ajang besar yang diikuti tim-tim besar Asia, Ketua Bidang Prestasi Persatuan Rugby Union Indonesia (Prui), Alton Annar, meyakini Asian Games 2018 akan memberikan pengalaman berharga bagi Timnas Indonesia sebagai modal untuk bisa lebih berkembang.

"Asian Games ini akan menjadi tolok ukur performa rugbi Indonesia ke depan. Tingkat level ini bisa dibilang lebih tinggi dibanding SEA Games lalu, kaliber partisipannya juga cukup tinggi," ujar Alton kepada BolaSport.com, Rabu (29/8/2018).

(Baca juga: Gagal di Asian Games 2018, Thailand Depak Pelatih dan Direktur Teknik)

"Bisa dibilang ini suatu pembelajaran yang baik untuk timnas kita, mereka ditempa dengan baik di Asian Games melawan raksasa-raksasa Asia."

Meski tidak menjadi unggulan, Timnas Rugbi Tujuh Indonesia tetap melakukan persiapan matang lewat pemusatan latihan yang digelar selama sepuluh bulan di Parangtritis, Yogyakarta.

"Saya selaku Binpres Prui melihat sendiri persiapan serius mereka selama sepuluh bulan di Parangtritis," pungkas Alton.

Di sektor putera, Timnas Rugbi Tujuh Indonesia tergabung di Grup B bersama Jepang, Malaysia, dan Taiwan.