Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MotoGP Jerman 2022 - Kunci Sukses Fabio Quartararo Jadi Raja Baru Sachsenring

By Wawan Saputra - Senin, 20 Juni 2022 | 08:30 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, merayakan kemenangan pada balapan seri ke-10 MotoGP Jerman di Sachsenring, Jerman, 19 Juni 2022. (RONNY HARTMANN/AFP)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil menjadi juara di MotoGP Jerman 2022. Salah satu kunci kemenangannya adalah pemilihan ban, meski sempat dipertanyakan oleh timnya.

Quartararo sukses menjadi raja baru di Sachsenring pada Minggu (19/6/2022), Quartararo berhasil memutus dominasi Marc Marquez (Honda) dalam satu dekade terakhir.

Sebenarnya Quartararo tidak dalam kondisi fisik terbaiknya, karena harus berjuang melawan flu dan batuk parah.

Kondisi panas pada hari Minggu dengan suhu lebih dari 36 derajat celsius, dapat dipastikan akan menguras fisik para pembalap. Apalagi balapan dilangsungkan dalam 30 lap.

Namun pembalap berkebangsaan Prancis, terlihat seperti orang sehat pada umumnya selama balapan di trek 3,6 km.

"Saya sedikit sakit sepanjang akhir pekan. Tapi yang paling penting bagi kami adalah kami bisa mengakhiri akhir pekan dengan baik," ucap Quartararo dikutip Bolasport.com dari Speedweek.

Ban menjadi salah satu kunci kemenangan fenomenal Quartararo di Sachsenring, Quartararo menggunakan ban belakang dengan kompon medium.

Selain itu Quartararo berhasil menjaga agar ban belakangnya tidak mengalami keausan berlebihan sehingga bisa tampil konsisten sampai balapan berakhir.

"Saya sangat konsisten dalam balapan," kata pembalap yang kerap disapa El Diablo.

Baca Juga: Honda Bonyok Ditinggal Marquez, Catat Hasil Terburuk dalam 40 Tahun pada MotoGP Jerman