Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Edgar Xavier Sukses Pertahankan Gelar Juara Dunia Wushu 2022

By Muhamad Husein - Rabu, 13 Juli 2022 | 15:15 WIB
Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, usai mempertahankan gelar juara Changquan pada Kejuaraan Dunia Wushu (Wolrd Games) 2022.  (PB WI)

BOLASPORT.COM - Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, baru saja berhasil mempertahankan gelar juara Changquan pada ajang Kejuaraan Dunia Wushu 2022 di Amerika Serikat.

Edgar Xavier menebus kegagalan dalam merebut medali emas pada ajang SEA Games 2021 Vietnam beberapa waktu lalu.

Dia membuktikan diri dengan merebut gelar juara Changquan di Bilbattle Colleseum, Balltimore, Selasa (12/7/2022).

Hasil itu didapatkan Edgar setelah memperoleh 9,53 poin dan unggul atas Lee Ha-sung (Korea Selatan) yang merebut medali perak dan Roman Reva (Ukraina) yang berada di posisi ketiga.

"Perolehan prestasi Edgar kali ini sebagai pengganti medali emas yang hilang di SEA Games 2021 Vietnam karena permainan yang kurang sempurna," kata Manajer Tim Wushu Indonesia, Iwan Kwok, dikutip BolaSport.com dari PB WI.

Baca Juga: SEA Games 2021 - Wushu Capai Target Perolehan 3 Medali Emas 

"Di World Games, Edgar bermain sangat mulus dan sempurna. Dia bukan hanya mempertahankan gelar juara tetapi mendapatkan kembali lagi pengakuan dunia atas capaian level permainannya." 

"World Games ini adalah pertarungan atlet terbaik dari hasil Kejuaraan Dunia Wushu di Shanghai 2019. Artinya best of the bestnya atlet wushu kelas dunia."

Selain Edgar, atlet wushu tanah air yang merebut medali adalah Harris Horatius yang menduduki urutan kedua pada nomor gabungan Nanquan/Nangun putra.

Pada nomor ini, medali emas ini direbut Liu Zongxin dari China dan Lai Po-Wei dari Taiwan mendapat perunggu.