Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Presiden Jokowi Nyatakan Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

By Wahid Fahrur Annas - Rabu, 16 November 2022 | 16:28 WIB
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berjalan bersama Presiden RI Joko Widodo pada acara penyambutan Kontingen SEA Games 2021 Vietnam (BIRO PERS ISTANA)

BOLASPORT.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade.

Joko Widodo mengumumkan rencana pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga musim panas itu pada tahun 2036.

Penyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Orang nomor satu di tanah air itu menyebutkan akan mencalonkan ibu kota baru sebagai lokasi tuan rumah pagelaran Olimpiade 2036.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi dalam video yang dibagikan melalui akun sosial media miliknya, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Raja UFC Sambangi ONE Championship, Murid Khabib Didampingi Islam Makhachev

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan peran penting olahraga sebagai pemersatu hubungan antar-negara.

"Saya sebagai Ketua G20 2022 bersama pemimpin G20 lainnya, menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, sejumlah ajang multi-event musim panas ataupun musim dingin yang akan digelar selanjutnya akan menghadapi tantangan kesuksesan penyelenggaraan.