Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, KOI Gandeng IOC Bangun Fasilitas Olahraga

By Wawan Saputra - Sabtu, 19 November 2022 | 15:15 WIB
Ketua Umum Raja Sapta Oktohari, mengenakan pita hitam sebagai bentuk duka cita atas tragedi Kanjuruhan di Kantor NOC Indonesia, Senayan, Jakarta, Senin (3/10/2022). (NOC INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan mengandeng Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam proses pembangunan fasilitas olahraga untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Indonesia memang berencana untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar di dunia tersebut pada tahun 2036.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo di sela-sela acara KTT G20 di Bali.

Ibu Kota Negara Baru (IKN) nantinya akan menjadi tempat utama penyelenggaraan Olimpiade.

Keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2036 mendapatkan sambutan baik dari Presiden IOC, Thomas Bach.

Untuk mewujudkan mimpi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2023, IOC sudah memberikan bocoran terkait langkah-langkah apa saja yang harus diambil oleh Indonesia.

Disisi lain Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang dengan hal tersebut.

KOI juga akan segera berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk menindaklanjuti informasi yang disampaikan oleh IOC.

KOI sendiri tidak ingin Indonesia salah dalam mengambil langkah-langkah, untuk memenangkan pemilihan menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2036 mendatang.