Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Piala AFF 2022 - Terakhir Kali Timnas Indonesia Jamu Vietnam di Kandang: Kebobolan 3 Gol, Simon McMenemy Dipecat

By Guntur Aji Bayu Riyanto - Jumat, 6 Januari 2023 | 11:50 WIB
Menjelang laga semifinal Piala AFF 2022, timnas Indonesia memiliki catatan yang buruk ketika terakhir kali menghadapi timnas Vietnam di partai kandang. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menjelang laga semifinal Piala AFF 2022, timnas Indonesia memiliki catatan yang buruk ketika terakhir kali menghadapi timnas Vietnam di partai kandang.

Timnas Indonesia tercatat kali terakhir menjamu timnas Vietnam di partai kandang adalah pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Kala itu, timnas Indonesia memilih Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, sebagai tempat untuk menghadapi kekuatan timnas Vietnam.

Hasilnya, timnas Indonesia yang saat itu masih dilatih oleh Simon McMenemy, harus menelan kekalahan menyakitkan di tangan timnas Vietnam.

Kiper timnas Indonesia, Muhammad Ridho, terpaksa memungut bola dari gawangnya sendiri sebanyak tiga kali.

Gelontoran gol skuad asuhan Park Hang-seo dicetak oleh Duy Manh Do (menit ke-26), Ngoc Hai Que (55'). dan Nguyen Tien Linh (61').

Skuad asuhan Simon McMenemy sebenarnya sanggup membobol gawang Vietnam melalui tendangan Irfan Bachdim (84').

Namun, gol tersebut tak cukup untuk menyelamatkan timnas Indonesia dari kekalahan atas Vietnam sehingga laga berakhir dengan skor 1-3.

Laga kontra Vietnam tersebut juga sekaligus menjadi momen terakhir Simon McMenemy menukangi timnas Indonesia.