Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Saat Pasangan Terbaik Malaysia 5 Tahun Tanpa Gelar BWF World Tour

By Wawan Saputra - Senin, 23 Januari 2023 | 18:19 WIB
Atlet bulutangkis ganda putra Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik, sedang bertanding di Istora Senayan, Jakarta, 9 Juni 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Puasa gelar pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, di turnamen sirkuit masih berlanjut. Namun, penantian yang sudah berlangsung selama setengah dekade ini diyakini tinggal menunggu waktu.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik masih menanggung catatan minor karena tidak pernah menjuarai turnamen sirkuit BWF sejak dipasangkan pada 2017.

Padahal Chia/Soh telah menembus jajaran elite di kompetisi ganda putra sejak hampir empat tahun terakhir.

Pasangan peringkat tiga dunia ini bahkan telah mencetak sejarah ketika menjadi pebulu tangkis juara dunia pertama Malaysia saat memenangi Kejuaraan Dunia 2022.

Akan tetapi, ketika berbicara soal kompetisi sirkuit seperti BWF World Tour, pasangan andalan Negeri Jiran seolah mendapatkan kutukan.

Belum ada satu pun gelar yang mereka raih. Tujuh kali mereka mencapai final tetapi tujuh kali pula mereka kalah.

Kemalangan terkini dialami pemenang medali emas SEA Games 2019 tersebut pada India Open 2023.

Chia/Soh dikalahkan Liang Wei Keng/Wang Chang (China) dengan skor 21-14, 19-21, 18-21 dalam pertandingan di K. D. Jadhav Indoor Hall, India pada Minggu (22/1/2023).

Chia/Soh sempat memimpin pada awal gim ketiga skor 14-12. Akan tetapi, situasi berubah saat lawan mampu merebut enam poin beruntun tepat sesudahnya.

Baca Juga: Indonesia Master 2023 - Tuan Rumah Miliki 6 Wakil di Daftar Unggulan, Tak Ada Nama Marcus/Kevin