Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lebih Baik Kompetisi di Klubnya, Indra Sjafri Anggap TC Jangka Panjang Timnas Tidak Ideal

By Abdul Rohman - Jumat, 14 April 2023 | 10:45 WIB
Pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, sedang memberikan intruksi kepada para pemainnya saat berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (13/4/2023) malam. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Direktur Teknik PSSI yang sekaligus pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, menyebut bahwa pemusatan latihan (TC) tim nasional yang berjangka panjang tidak ideal.

Untuk itu, Indra Sjafri berharap kebijakan ini dapat mulai digantikan TC jangka pendek.

Sebelumnya, juru taktik Persija Jakarta, Thomas Doll, sempat melayangkan protes terhadap TC jangka panjang yang dilaksanakan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Kala itu, banyak pemain Persija Jakarta yang dipanggil ke timnas U-20 Indonesia di saat Liga 1 2022-2023 tengah berjalan.

"Saya bersyukur sekarang hadir menangani timnas SEA Games dengan para pelatih di klub makin lama makin banyak diisi oleh orang-orang yang berkualitas," ucap Indra Sjafri, Kamis (13/4/2023).

"Saya merasakan sekali, jadi saya juga bilang ke pemain: 'Kalian sekarang sudah harus terbiasa dengan TC jangka pendek'."

"Jangan nanti ketika dia lama menjalani TC, dari awal TC dia ikut, tetapi tiba-tiba ada pemain yang lebih bagus datang. Pemain yang lama saya coret. Kalian harus terbiasa dengan situasi seperti itu," kata pelatih berusia 60 tahun itu.

Baca Juga: Alasan Sadio Mane Pukul Wajah Leroy Sane, Isu Rasialisme Jadi Sorotan

Dia menuturkan klub menjadi tempat yang tepat untuk pemain berkompetisi, bukan di TC.

"Karena menurut saya, pemain yang berlatih di klub dan berkompetisi di klub, itu sama dengan TC di timnas, cuma tempatnya yang berbeda," ujar Indra Sjafri.