Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Open 2023 - Comeback Para Mantan Ratu Runtuhkan Dominasi 4 Tunggal Putri Terkuat

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 16 Juni 2023 | 20:07 WIB
Pebulutangkis Korea Spanyol, Carolina Marin, yang ditemui usai memenangkan pertandingan di perempat final Indonesia Open 2023, di Istora Senayan, Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (16/06/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM)

BOLASPORT.COM - Semifinal Indonesia Open 2023 bakal menghadirkan pemandangan berbeda saat empat pemain tunggal putri di dunia tidak menguasai semifinal bersama-sama.

Empat pemain yang dimaksud adalah Akane Yamaguchi (Jepang), An Se-young (Korea Selatan), Tai Tzu Ying (Taiwan), dan Chen Yu Fei (China).

Secara berurutan, keempat tunggal putri ini menguasai empat peringkat dalam ranking dunia BWF dan itu bukannya tanpa alasan.

Baca Juga: Hasil Indonesia Open 2023 - Kembalinya Hantu Lama, Apriyani/Fadia Tak Cukup Solid untuk ke Semifinal

Dominasi kuartet Yamaguchi-ASY-TTY-CYF telah terjadi sejak Agustus tahun lalu.

Dalam tujuh turnamen di mana keempatnya bertanding, hampir tak ada kesempatan bagi pemain lain untuk melangkah lebih jauh dari perempat final.

Pengecualian hanya terjadi di World Tour Finals 2022 karena Yamaguchi, An Se-young, dan Chen Yu Fei bersaing di grup yang sama untuk dua tempat di semifinal.

Sisanya, yaitu di Kejuaraan Dunia 2022, Japan Open 2022, Malaysia Open 2023, All England Open 2023, Kejuaraan Asia 2023, dan Singapore Open 2023, ceritanya selalu sama.

Akan tetapi, tren ini berakhir pada Indonesia Open 2023.

Dua mantan pemain nomor satu, Carolina Marin (Spanyol) dan Ratchanok Intanon (Thailand) kembali untuk merusak pesta.