Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

SEA V League 2023 - Pelatih Ungkap Alasan Doni Haryono Tidak Diturunkan Saat Tim Voli Putra Indonesia Bungkam Thailand

By Delia Mustikasari - Senin, 24 Juli 2023 | 08:34 WIB
Pelatih Timnas Voli Putra, Coach Jeff (Jiang Jie), yang ditemui usai latihan persiapan menuju Sea Games Kamboja 2023, di kawasan Sentul, Jawa Barat, Kamis (13/04/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Timnas bola voli putra Indonesia keluar sebagai juara pada seri pertama SEA V League 2023.

Kepastian tersebut didapat setelah Indonesia menundukkan Thailand, 3-1 (21-25, 25-17, 25-23, 27-25) pada laga terakhir SEA V League 2023 yang berlangsung di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/7/2023).

Melalui hasil ini, Indonesia yang diwakili Jakarta LaVani sebagai juara Proliga 2023 itu membalas kekalahan dari Thailand 2-3 pada perempat final AVC Challenge Cup 2023 yang digelar di Taiwan pada awal Juli kemarin.

"Saya tahu atlet sudah bekerja keras. Team work berjalan dengan baik meskipun kami sering melakukan floating. Kami adalah tim yang kuat meskipun hanya sebagian pemain turun di Taiwan," kata pelatih tim voli putra Indonesia, Jeff Jiang Jie, kepada media termasuk BolaSport.com.

"Tetapi, kami bermain lebih baik. Pemain muda kami juga unjuk kemampuan tadi dan saya sangat senang untuk mereka. Faktor kemenangan kami adalah servis yang kuat seperti yang dilakukan Boy (Arnez Arabi) karena mereka melanjutkan latihan di pelatnas," ucap pelatih asal China ini.

Jie mengatakan bahwa saat Indonesia menghadapi Thailand pada perempat final AVC Challenge Cup 2023, kekuatan Indonesia berkurang sehingga menelan kekalahan.

"Saat kalah di Thailand, pemain andalan kami cedera sehingga kekuatan tim terputus. Meski kalah, kami mendapat pengalaman bertanding di AVC Challenge Cup," ujar Jie.

Kala itu, Fahri Septian Putratama (Outside Hitter) dan Dio Zulfikri (Setter) mengalami cedera.

"Kami sudah mengalahkan Srilanka, Bahrain, dan Kazakhstan. Tetapi saat melawan Thailand, team work tidak berjalan. Namun, setelah itu kami memperbaiki komposisi pemain dan memberi kesempatan untuk pemain muda, pemain bermain lebih cerdas."

Dalam laga final SEA V League 2023, Fahri lebih dipercaya Jie dalam line up utama sejak set pertama tim meski dia masih menjalani pemulihan cedera tendon (lutut).