Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kanada Pulangkan Juara Bertahan Spanyol sekaligus Amankan Tiket Olimpiade

By Putri Annisa Maharani - Senin, 4 September 2023 | 05:45 WIB
Suasana pertandingan antara Spanyol vs Kanada di FIBA World Cup 2023, yang diselenggarakan di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (3/9/2023). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM )

BOLASPORT.COM - Kanada mengikuti jejak Latvia menorehkan sejarah di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (3/9/2023) malam.

Untuk pertama kali sejak 1994, Kanada berhasil menembus delapan besar Piala Dunia Bola Basket. 

Kanada lolos ke perempat final FIBA World Cup 2023 setelah mengalahkan juara bertahan Spanyol 88-85 pada pertandingan terakhir Grup L yang disaksikan 13 ribu lebih penonton di Indonesia Arena.

Kemenangan tersebut menempatkan Kanada sebagai juara Grup L dan akan menghadapi runner-up Grup K, Slovenia, pada babak delapan besar di Manila.

Berlaga di perempat final untuk berburu gelar juara FIBA World Cup 2023 bukan satu-satunya hadiah yang didapatkan Dillon Brooks dkk. dari kerja keras mereka di Jakarta.

Untuk pertama kali sejak 2000, tim bola basket putra Kanada akan berlaga di Olimpiade.

Kanada mendapatkan tiket bertanding di Olimpiade Paris tahun depan karena menjadi salah satu dari dua tim dengan peringkat teratas dari Amerika di FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: Klasemen MotoGP Catalunya 2023 - Francesco Bagnaia Bertahan di Tengah Kekacauan Catalunya

Tak berlebihan jika guard Kanada, RJ Barret, bersuka cita dengan berjoget di depan awak media yang menantinya selepas kemenangan besar atas Spanyol.

Terlebih, sepanjang pertandingan Spanyol terus memimpin sebelum Kanada menyalip menjelang laga berakhir.