Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bocil Ajaib Barcelona Dibayar untuk Khianati Spanyol? Ini Faktanya

By Ade Jayadireja - Rabu, 11 Oktober 2023 | 12:00 WIB
Wonderkid Barcelona, Lamine Yamal, langsung memecahkan 2 rekor saat melakoni debut bersama timnas Spanyol di Kualifikasi EURO 2024. (TWITTER.COM/BARCAUNIVERSAL)

BOLASPORT.COM - Terungkap fakta mengenai isu yang menyebut bocah ajaib Barcelona, Lamine Yamal, dibayar demi mengkhianati timnas Spanyol.

Lamine Yamal tengah menjadi rebutan dua negara, Spanyol dan Maroko.

Winger berusia 16 tahun itu sudah mencatatkan dua penampilan bersama skuad senior La Furia Roja.

Namun, jumlah laga tersebut belum bisa membuat Spanyol memiliki hak sepenuhnya atas si bocil ajaib yang memiliki tiga kewarganegaraan.

Regulasi FIFA menyatakan bahwa pemain dapat berpindah kewarganegaraan selama mereka tampil kurang dari tiga kali untuk suatu negara sebelum berusia 21 tahun.

Berarti Yamal masih mungkin untuk pindah haluan ke Maroko, negara kelahiran ayahnya.

Lantas muncul isu yang menyebut bahwa Maroko menawarkan sejumlah uang kepada Yamal agar memperkuat timnas mereka.

Akan tetapi, federasi sepak bola di sana telah membantahnya.

"Royal Moroccan Football Federation (FRMF) dengan tegas membantah informasi palsu yang dimuat surat kabar olahraga Spanyol, AS, dalam edisi 10 Oktober 2023," demikian pernyataan resmi dari otoritas sepak bola Maroko.

"Informasi ini tidak berdasarkan bukti apa pun, karena kami menghormati keputusan pemain Lamine Yamal, serta keputusan pemain asal Maroko lainnya yang memilih tim lain," lanjut isi pernyataan FRMF.