Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jorge Martin Gagal Kudeta, Enea Bastianini Akan Tetap di Samping Francesco Bagnaia di Pabrikan Ducati

By Nestri Y - Minggu, 3 Desember 2023 | 12:15 WIB
Dari kiri ke kanan, Jorge Martin (Prima Pramac), Francesco Bagnaia, Enea Bastianini (Ducati), berpose seusai menjalani sesi kualifikasi MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepan, Sabtu (11/11/2023). (MOHD RASFAN/AFP)

BOLASPORT.COM - Alokasi Jorge Martin menuju tim pabrikan Ducati Lenovo pada MotoGP 2024 dan menggusur Enea Bastianini dipastikan tak bisa terwujud.

Kegagalannya mengkudeta Francesco Bagnaia dari takhta klasemen MotoGP dan merebut gelar juara dunia memastikan semuanya.

Martin yang apes, mengakhiri seri pamungkasnya dengan pedih pada MotoGP Valencia 2023.

Betapa tidak, setelah menjadi juara Sprint, Martin yang dielu-elukan bisa bersinar pada sesi Race, justru merana setelah mengalami kecelakaan yang juga menyeret Marc Marquez (Repsol Honda).

Balapannya berakhir, gelar juara dunia sirna, ambisi merebut kursi Bastianini di Ducati Lenovo juga melayang sekaligus.

Ya, sebelumnya memang tersiar wacana bahwa jika Martin mampu menjadi juara dunia musim 2023, akan ada kemungkinan dia dipertimbangkan untuk ditarik ke pabrikan Si Merah Borgo Panigale.

Itu diakui oleh Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti sendiri.

"Jika Jorge memenangkan gelar juara dunia, kami harus mempertimbangkan hal tersebut," kata Ciabatti dikutip BolaSport.com dari Speedweek.

Baca Juga: Jadi Anak Buah Valentino Rossi, Tumbal Marc Marquez Percaya Nasib Baik di MotoGP 2024

"Itu tidak berarti hal tersebut pasti akan terjadi, tapi kami memikirkannya, meski kami menjanjikan Bastianini tempat di pabrika lagi pada musim panas (tahun depan)," ujarnya.