Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nasib Nahas Jawara Ganda Putra Korea: Dihina, Dianggap Tidak Ada, lalu Dipaksa Pensiun usai Sumbang Medali di Asian Games

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 6 Desember 2023 | 17:30 WIB
Ganda putra Korea Selatan, Choi Sol-gyu (paling kiri), setelah merebut medali perak bersama pasangannya, Kim Won-ho, pada Asian Games 2022 (ADEK BERRY/AFP)

BOLASPORT.COM - Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan (BKA) menghadapi polemik besar karena konflik dengan pemain ganda putra mereka yaitu Choi Sol-gyu.

Kontroversi bermula setelah Choi Sol-gyu dilaporkan berniat untuk pensiun dari tim nasional bulu tangkis Korea Selatan.

Choi Sol-gyu memang tidak kelihatan batang hidungnya dalam ajang internasional sejak merebut medali perak di nomor ganda putra pada Asian Games 2022.

Partnernya di ganda putra yaitu Kim Won-ho akhirnya cuma bertanding di ganda campuran bareng Jeong Na-eun sejak Denmark Open 2022 hingga China Masters 2023.

Absennya Choi secara tiba-tiba menimbulkan tanda tanya sampai akhirnya pihak keluarganya buka suara dengan pernyataan yang dibagikan ke publik.

Terungkap bahwa Kim Won-ho telah mendapatkan perlakukan tidak adil sejak masa persiapan menuju Asian Games 2022 hingga akhirnya dipaksa pensiun.

Penyebabnya adalah kasus indispliner yang dilakukan Choi pada Juli lalu karena mangkir dari latihan (telat datang menurut Choi) setelah minum-minum pada malam sebelumnya.

Sumber lain mengatakan bahwa pemenang empat gelar World Tour itu juga membawa pacarnya ke dalam asrama sehingga dia hampir dikeluarkan dari tim nasional.

Jalan tengah sempat diambil saat Choi mengakui kesalahannya, meminta maaf, dan berjanji untuk memberikan yang terbaik jika diberi kesempatan lagi.

Baca Juga: Krisis Ganda Campuran Indonesia Jelang Olimpiade Paris 2024 Justru Diselamatkan Pasangan Non-pelatnas