Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Panjat Tebing Berpeluang Tambah 2 Tiket Olimpiade Paris 2024 dari Shanghai dan Budapest

By Delia Mustikasari - Sabtu, 18 Mei 2024 | 00:30 WIB
Tim panjat tebing Indonesia yang akan mengikuti kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Shanghai dan Budhapest (Hungaria). (FPTI)

BOLASPORT.COM - Tim Indonesia masih terus membuka peluang penambahan atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Salah satunya dari cabang olahraga panjat tebing.

Hal itu diungkapkan Herry Heryawan anggota Tim Task Force NOC Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.

Herry mengatakan bahwa kehadirannya sekaligus mengawal para atlet dan memastikan ada tambahan dua tiket dari panjat tebing.

Harimen, sapaan akrab Herry Heryawan mengatakan tersisa dua event kualifikasi untuk Paris 2024 dari cabang panjat tebing.

Selain pada IFSC Climbing Olympic Qualifier Shanghai yang digelar 15-20 Mei, masih ada seri kualifikasi yang digelar di Budapest, Hungaria 20-23 Juni mendatang.

"Panjat tebing untuk nomor speed masih ada kuota tiket untuk 5 putra dan 5 putri. Untuk lolos ke Paris 2024 tidak harus juara, bisa mencapai 5 besar dalam total poin yang diraih di Shanghai dan Budapest saja sudah bisa lolos," kata Harimen dalam siaran pers.

Di Shanghai, Federasi Panjat Tabing Indonesia (FPTI) mengirimkan total 9 atlet dengan rincian 4 atlet putra di nomor speed, 3 atlet putri di nomor speed dan 2 atlet di nomor combine.

Seluruh atlet, baik putra dan putri yang turun di nomor speed berhasil lolos ke babak 16 besar.

"Jadi masing-masing series, di Shanghai dan Budapest ada poinnya. Jika juara, poinnya 50 dan ada konversi nilainya untuk peringkat di bawahnya," ujar Harimen yang juga Wakil Ketua Umum FPTI tersebut.

"Jadi total kalau juara di Shanghai dan Budapest, maksimal poinnya 100."