Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PT LIB Beberkan Mekanisme VAR Untuk Liga 1 Musim Depan - Diterapkan di Seluruh Laga, Siapkan Pengamanan Berlapis

By Sasongko Dwi Saputro - Sabtu, 18 Mei 2024 | 20:20 WIB
Mengintip suasana VAR (Video Asistant Referee) jelang laga Championship Series Liga 1 2023 antara Persib Bandung versus Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2024). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Liga 1 2024/2025 bakal menjadi musim penuh perdana implementasi Video Assistant Referee (VAR) di dunia sepak bola Indonesia.

Untuk musim 2023/2024, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator hanya mengimplementasikan VAR di babak Championship Series.

VAR bakal digunakan di seluruh laga Liga 1 mulai musim depan.

PT LIB optimistis 12 VAR Mobile (Mobil VAR) yang dimiliki saat ini sudah sanggup mengawal jalannya Liga 1 musim depan.

PT LIB juga melaporkan sudah ada tiga stadion yang memenuhi syarat untuk ditempatkan fasilitas VAR permanen, yaitu Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

"Satu pekan kan ada sembilan pertandingan. Seluruh mobil (VAR Mobile) yang kita miliki ada 12," ujar Media Relations PT Liga Indonesia Baru, Hanif Marjuni pada Sabtu (18/5/2024).

"Jadi, harusnya ini menjadi hal yang aman. Karena kalau kita melihat ada beberapa atau tiga stadion yang nantinya VAR bisa dipasang di stadion tersebut yaitu ada Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta). Artinya pada tiga stadion ini paten (ruangan VAR)."

"Nah nanti sisanya akan menyesuaikan. Dengan 12 mobil yang ada menurut perhitungan kami itu bukan menjadi kendala yang serius untuk persiapannya," lanjutnya.

Baca Juga: Intip Persiapan VAR Jelang Laga Persib Versus Bali United di Bandung

Mengenai mekanisme pelaksanaan VAR musim depan, klub wajib mengajukan stadion yang akan digunakan sebagai homebase.