Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jawaban IOC soal Isu Timnas U-23 Indonesia Gantikan Israel di Olimpiade Paris 2024

By Taufik Batubara - Minggu, 19 Mei 2024 | 16:02 WIB
Timnas U-23 Indonesia gagal melaju ke final Piala Asia U-23 2024 setelah dikalahkan 0-2 oleh Uzbekistan pada semifinal, Senin (29/4/2024) malam WIB. (THE-AFC.COM)

BOLASPORT.COM - Desakan agar Israel diskors dalam Kongres FIFA di Thailand melahirkan isu liar tentang peluang Timnas U-23 Indonesia tampil di Olimpiade Paris 2024.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) kembali mengajukan proposal atau usulan skorsing Israel itu dalam puncak Kongres FIFA di Bangkok, Thailand, Jumat (17/5/2024).

Presiden PFA Jibril Rajoub menyindir Presiden FIFA Gianni Infantino untuk tak menutup mata terhadap kejahatan perang Israel di Gaza, Palestina.

Dia membandingkannya dengan Rusia yang menyerang Ukraina, lalu menjatuhkan sanksi berat kepada negara Beruang Merah itu.

Sejak 28 Februari 2022, semua klub dan timnas Rusia dilarang tampil di seluruh turnamen atau kompetisi FIFA dan UEFA.

Baca Juga: Indonesia Selangkah Lagi Tambah Wakil ke Olimpiade Paris 2024 dari Cabang Panjat Tebing

"FIFA tak bisa bersikap acuh tak acuh terhadap pelanggaran-pelanggaran ini atau genosida yang sedang berlangsung di Palestina," tegas Rajoub.

"Saya meminta Anda untuk berdiri di sisi tepat sejarah... Jika tidak sekarang, kapan lagi?"

"Berapa banyak lagi yang harus diderita keluarga sepak bola Palestina?" tanya Rajoub.

Perwakilan Yordania di Kongres FIFA Bangkok itu langsung berdiri untuk mendukung Rajoub dan menyerukan pemungutan suara (voting) segera mengenai masalah ini.