Selisih 70 M, Gaji Lionel Messi di Inter Miami Lebih Tinggi dari Hadiah Juara Copa America

By Beri Bagja - Selasa, 28 Mei 2024 | 21:15 WIB
Lionel Messi mencium trofi juara Copa America bagi timnas Argentina setelah mengalahkan Brasil di Rio de Janeiro (10/7/2021). Pendapatan Messi bersama Inter Miami ternyata lebih tinggi dari bonus sebuah negara jika menjuarai Copa America. (CARL DE SOUZA/AFP)

BOLASPORT.COM - Pendapatan Lionel Messi bersama Inter Miami ternyata lebih tinggi dari bonus sebuah negara jika menjuarai Copa America.

Lionel Messi memuncaki daftar pemain berpendapatan tertinggi dalam sejarah MLS.

Di Inter Miami, superstar timnas Argentina mengantongi base salary alias gaji pokok 12 juta dolar AS (193 milar rupiah).

Namun, kalau menghitung keseluruhan pendapatan dari berbagai sektor bonus, Messi bisa meraup 20,4 juta dolar AS.

Nilai tersebut ekuivalen dengan 328 miliar rupiah!

Menurut data dari laman MLS Players, pemasukan raksasa itu merupakan angka yang terhitung sebagai Guaranteed Compensation.

Maksudnya adalah hitungan pendapatan dengan menyertakan gaji pokok dan semua bonus tahunan yang tersebar dalam durasi kontrak pemain bersangkutan.

Kompensasi total ini ikut menghitung seluruh bonus marketing dan biaya agen pemain.

Artinya, pendapatan mewah Messi sudah termasuk besaran uang yang dia terima dari deal MLS dengan Apple TV selaku pemegang hak siar.

Namun, angkanya belum mencakup bonus terkait performa klub atau individu karena tak ada garansi bahwa target tersebut akan terpenuhi atau tidak.