Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Australian Open 2024 - Ana/Tiwi di Tengah Tantangan Balas Dendam dari Wakil Tuan Rumah asal Indonesia yang Patahkan Kutukan 14 Tahun

By Delia Mustikasari - Sabtu, 15 Juni 2024 | 10:52 WIB
Pasangan ganda campuran Australia, Setyana Mapasa dan Sawan Serasinghe, mengembalikan kok pemain Ind (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

BOLASPORT.COM - Tuan rumah memiliki wakil pada semifinal Australian Open 2024. Sabtu (15/6/2024) di Quaycentre, Sydney, untuk pertama kalinya sejak 2010.

Hal ini berkat upaya dari Setyana Mapasa dan Angela Yu, yang bisa dibilang memainkan pertandingan terbaik mereka dalam beberapa waktu terakhir.

Setyana yang merupakan pemain asal Indonesia yang dinaturalisasi oleh Australia itu meraih tiket semifinal setelah bersama Yu mengalahkan Sung Shuo Yun/Yu Chien Hui (Taiwan), 20-22 21-15 21-18.

Mapasa/Yu juga mengakhiri penantian 15 tahun  ganda putri Australia ke semifinal dengan meniru Huang Chia-Chi/He Tian Tang, yang akhirnya menjadi runner-up pada 2009.

Tahun berikutnya adalah tahun terakhir para penggemar bulu tangkis tuan rumah menyaksikan wakil mereka pada semifinal.

Saat itu, wakil yang lolos adalah Huang (tunggal putri), Saliya Gunaratne/Chad Whitehead (ganda putra) dan He/Ben McCarthy (ganda campuran).

"Terasa seperti mimpi. Ketika kami memenangkan poin terakhir itu, semua yang ada di dalam stadion bergetar," kata Yu dilansir dari BWF Badnintion.

"Senang rasanya bisa berada di semifinal," ujar Yu mengungkapkan kegembiraan yang dia rasakan setelah menjadikannya hari yang tak terlupakan bagi bulu tangkis Australia.

Pentingnya prestasi tersebut juga tidak luput dari perhatian Setyana.

"Ini pencapaian yang luar biasa, mengingat kami baru setahun bersama. Saya sangat senang kami bisa bekerja sebagai tim (untuk mewujudkan hal ini)," kata Setyana yang tampil dengan Gronya Somerville pada Olimpiade Tokyo 2020 itu.