Rekap Hasil Semifinal Australian Open 2024 - 3 Wakil Indonesia ke Final, Saatnya Ahsan/Hendra dan Ana/Tiwi Akhiri Kebuntuan Raih Gelar

By Delia Mustikasari - Sabtu, 15 Juni 2024 | 13:28 WIB
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, saat tampil pada babak 32 besar Thailand Open 2024 di Bangkok, Thailand, 15 Mei 2024. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Sebanyak tiga wakil Indonesia yang lolos ke semifinal Australian Open 2024 sudah menyelesaikan pertandingan mereka.

Dari tiga wakil tersebut, semua wakil Indonesia menembus final turnamen BWF World Tour Super 500 itu setelah menjalani pertandingan di Quaycentre, Sydney, Sabtu (15/6/2024).

Tunggal putri, Ester Nurumi Tri Wardoyo menjadi wakil Merah Putih pertama yang melaju ke partai puncak setelah menundukkan Pai Yu Po (Taiwan) dalam dua gim.

Pai yang berada dua peringkat di atas Ester yang ada di ranking ke-31 dunia selallu tertinggal dalam perolehan poin pada pertemuan pertama mereka.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lalu menyusul Ester setelah melalui laga rubber game dengan Chen Zhi Ray/Lin Yu Chieh (Taiwan).

Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi menyempurnakan wakil Indonesia yang tersisa dengan menghentikan perlawanan wakil tuan rumah, Setyana Mapasa/Angela Yu dalam dua gim dan skor telak pada gim kedua.

Hasil ini juga memastikan wakil tuan rumah tak tersisa dan menggagalkan ganda putri Australia ke final turnamen Super 500 tersebut setelah 15 tahun.

Ganda putri Australia sudah 15 tahun belum ada yang melaju ke partai puncak Australian Open 2024 setelah Huang Chia-Chi/He Tian Tang, yang akhirnya menjadi runner-up pada 2009.

Ana/Tiwi juga sekaligus membalas kekalahan mereka pada babak 16 besar Swiss Open 2024 dari Setyana Mapasa/Angela Yu.

Ahsan/Hendra terakhir kali naik podium kampiun pada BWF World Tour Finals 2019, sementara Ana/Tiwi menjadi juara pada SEA Games 2023 di Kamboja.