EURO 2024 - Tiki-taka Apa? Saatnya Timnas Italia Kuasai Bola Lebih Banyak dari Spanyol

By Dwi Widijatmiko - Kamis, 20 Juni 2024 | 08:15 WIB
Luciano Spalletti bakal beradu strategi dengan Luis de la Fuente saat Timnas Italia berhadapan dengan Timnas Spanyol di Grup B EURO 2024, Kamis (20/6/2024) di Gelsenkirchen. (ALBERTO PIZZOLI/AFP)

BOLASPORT.COM - Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti, ingin melakukan sesuatu yang tidak bisa diperbuat banyak pendahulunya selama belasan tahun yakni memegang penguasaan bola lebih banyak dari Spanyol.

Timnas Italia akan menghadapi Timnas Spanyol di laga kedua Grup B EURO 2024

Pertandingan tersebut akan digelar di Gelsenkirchen pada Kamis (20/6/2024) malam waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Gli Azzurri tidak diuntungkan dalam rekor pertemuan menghadapi La Furia Roja.

Setelah terakhir kali mengalahkan Spanyol 2-0 di EURO 2016, Italia belum pernah lagi meraih kemenangan dalam 5 pertemuan.

Waktu menang di babak semifinal EURO 2020, laga harus melewati adu penalti.

Dari segi permainan, Timnas Italia juga selalu didominasi Timnas Spanyol terutama sejak La Furia Roja memiliki filosofi tiki-taka ala Barcelona dalam 15 tahun terakhir.

Dari Marcello Lippi, Roberto Donadoni, Antonio Conte, sampai Roberto Mancini, belum ada pelatih Italia yang bisa membawa tim memegang penguasaan bola lebih banyak saat bertemu Spanyol.

Bahkan ketika Italia berhasil mengalahkan Spanyol 2-0 di EURO 2016, Conte dipaksa memakai taktik serangan balik dan bola jauh dengan lawan memegang penguasaan bola sampai 59,2%.

Cerita di EURO 2020 sama saja.