Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Terbantu Timnas Indonesia, Irak Naik Pangkat Masuk Pot Lebih Tinggi

By Dwi Widijatmiko - Kamis, 20 Juni 2024 | 19:30 WIB
Aymen Hussein (kanan) sedang menguasai bola dan dibayangi Jordi Amat (kiri) dalam laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara timnas Indonesia versus timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Dengan ranking FIFA Juni 2024 sudah dirilis, pembagian pot unggulan drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bisa dipastikan.

Ranking FIFA Juni 2024 memang dipakai sebagai landasan untuk menentukan negara mana ditempatkan di pot berapa dalam drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Drawing sendiri akan dilakukan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam drawing itu, 18 negara yang lolos ke putaran ketiga akan dibagi ke dalam 6 pot unggulan.

Penempatan pot ditentukan oleh ranking FIFA negara bersangkutan.

Semakin tinggi peringkat sebuah negara di ranking FIFA, mereka akan dimasukkan ke pot yang lebih tinggi.

Dari masing-masing pot unggulan, akan diambil 1 negara untuk menghuni sebuah grup di putaran ketiga nanti.

Alhasil, 18 negara akan terbagi ke 3 grup yang masing-masing berisi 6 negara.

Secara keseluruhan, tidak ada banyak perubahan dari posisi negara-negara dalam pot unggulan jika dibandingkan dengan pembagian yang dibuat berdasarkan ranking FIFA sebelumnya pada April 2024.

Dengan peringkatnya di ranking FIFA tidak berubah di posisi ke-134, Timnas Indonesia masih berada di Pot 6 alias kelompok terakhir.