MotoGP Belanda 2024 - Pramac Tinggal Umumkan secara Resmi Tinggalkan Ducati dan Jadi Tim Satelit Baru Yamaha

By Delia Mustikasari - Kamis, 27 Juni 2024 | 18:29 WIB
Jorge Martin dan Franco Morbidelli dengan livery baru Prima Pramac Racing pada MotoGP 2024 (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pramac dikabarkan akan meninggalkan Ducati dan menjadi tim satelit baru Yamaha pada MotoGP 2025 setelah berbulan-bulan spekulasi beredar.

Hal tersebut seperti dilaporkan SkySports.it, yang mengatakan bahwa Pramac tinggal mengumumkan secara resmi berpaling dari tim satelit Ducati ke Yamaha.

"Yang belum ada hanyalah pengumuman resmi, yang diharapkan terjadi pada Grand Prix Belanda akhir pekan ini di Assen," tulis skysports.

Keputusan Pramac akan mengikuti jejak pemimpin gelar saat ini Jorge Martin yang menandatangani kontrak dengan Aprilia, setelah Marc Marquez secara terbuka menolak Pramac sebagai opsi dan kemudian dipilih sebelum Martin untuk mengendarai pabrikan Ducati.

Yamaha belum memiliki tim satelit MotoGP sejak RNF (sekarang Trackhouse) beralih ke Aprilia pada 2022.

Jika dikonfirmasi, tercapainya kesepakatan Pramac-Yamaha juga berarti sepasang Desmosedici 2025 spesifikasi pabrikan akan didistribusikan kembali ke VR46 dan/atau Gresini musim depan.

Baca Juga: Indonesia Ikut Jadi Sasaran Ducati dengan Cara Memboyong Marc Marquez?

Bintang Moto2 Fermin Aldeguer, yang menandatangani kontrak dengan Ducati tetapi tanpa tim, juga perlu diakomodasi.

Pramac mungkin membutuhkan dua pebalap baru untuk proyek M1 dengan rekan setim Martin saat ini, Franco Morbidelli, kemungkinan besar tidak ingin kembali ke Yamaha, pabrikan yang ditinggalkannya pada akhir musim lalu.

Namun mantan pembalap Pramac Jack Miller, yang kehilangan kursi KTM-nya, bisa menjadi salah satu kandidat untuk menjadi headline proyek baru tersebut.

Sementara itu, Morbidelli bisa menggantikan rekan pembalap Akademi Marco Bezzecchi di VR46, setelah Bez menyegel kursi pabrikan Aprilia untuk 2025.