EURO 2024 - Sistem Gareth Southgate di Timnas Inggris Tak Jalan, 2 Bintang Jadi Biang Keladinya

By Raka Kisdiyatma Galih - Jumat, 28 Juni 2024 | 13:34 WIB
Jude Bellingham (kiri) dan Harry Kane saat membela timnas Inggris. Bellingham dan Kane menjadi anomali dalam kontingen The Three Lions di Euro 2024 yang membela klub luar Liga Inggris. (AFP)

BOLASPORT.COM - Mantan pemain Liverpool yang kini beralih profesi sebagai pandit, Dietmar 'Didi' Hamann, menyebut Jude Bellingham dan Harry Kane menjadi penyebab sistem permainan Timnas Inggris tak berjalan dengan baik selama Euro 2024.

Dietmar Hamann meminta pelatih Gareth Southgate agar mencadangkan keduanya saat Inggris berjumpa Slovakia di babak 16 besar.

Inggris berhasil lolos ke fase knock-out dengan status juara Grup C.

Predikat tersebut diperoleh usai The Three Lions memetik satu kemenangan dan dua hasil imbang sehingga mengumpulkan lima poin.

Perolehan poin itu sudah cukup untuk menjadikan Inggris sebagai pemimpin klasemen akhir Grup C karena unggul dua angka dari Denmark dan Slovenia yang berada di bawahnya.

Meski begitu, mayoritas penggemar Inggris tetap tidak puas dengan keberhasilan tersebut.

Hal itu karena sang runner-up Piala Eropa 2020 tampil tidak sesuai ekspektasi selama mengarungi fase grup.

Selaku pelatih Inggris, Southgate tentu menjadi pihak yang paling disalahkan atas performa tak meyakinkan Inggris.

Tak sedikit dari mereka yang kemudian mengkritik hingga mencaci juru taktik berusia 53 tahun itu karena dianggap tak becus dalam meramu skuad Inggris yang bertabur bintang.

Terkait hal tersebut, Didi Hamann merasa sebenarnya tidak ada salah dari sistem permainan yang diterapkan Southgate.