Starting Grid MotoGP Belanda 2024 - Jorge Martin Dapat Penalti 3 Posisi Jadi Peluang Francesco Bagnaia ke Puncak Klasemen?

By Delia Mustikasari - Minggu, 30 Juni 2024 | 00:11 WIB
Ki-ka: Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Marc Marquez saat konferensi pers pra-event dari seri MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Assen, Belanda, 27 Juni 2024. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Perubahan posisi starting grid balapan utama MotoGP Belanda 2024 di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024) terjadi setelah Jorge Martin (Pramac) mendapat penalti.

Seperti dilansir dari laman resmi MotoGP, Martin mendapat penalti tiga posisi untuk balapan.

Pemimpin klasemen sementara pembalap MotoGP itu  dinilai melaju perlahan di garis balap dan mengganggu Raul Fernandez (Trackhouse Racing) pada kualifikasi 2 (Q2).

Oleh karena itu, pembalap 25 tahun itu akan meluncur dari urutan kelima daripada hasil kualifikasi di posisi kedua saat ia berupaya menghentikan rivalnya Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang mengantongi pole position.

Jarak tiga posisi membuat harapan Bagnaia menyalip posisi Martin terbuka dengan catatan Bagnaia bisa mempertahankan performanya sejak sesi latihan bebas, latihan, kualifikasi, hingga sprint race.

Kini murid Valentino Rossi dari VR46 itu hanya tertinggal 15 poin dari Martin dengan koleksi 165 poin setelah menjuarai sprint race.

Sang juara bertahan yang belum terkalahkan sejauh ini akhir pekan ini, begitu percaya diri dengan torehan waktunya, Sabtu (29/6/2024) sehingga ia menyaksikan tahapan akhir yang menegangkan dari dalam garasi Ducati.

Sebaliknya, Marc Marquez (Gresini) terjatuh setelah menerjang melewati Aleix Espargaro (Aprilia) pada kecepatan 180km/jam di tikungan 7 pada lap terakhirnya dan turun ke posisi ketujuh.

Marquez juga terjatuh saat sprint race melewati lap kedua, tikungan 2.

Baca Juga: Update Klasemen MotoGP 2024 - Francesco Bagnaia Ancam Posisi Jorge Martin, Marc Marquez Masih di 3 Besar