Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hasil Undian Ganda Putra Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024 - Fajar/Rian 1 Grup dengan Wakil Prancis yang Menang Banding, Juara Bertahan Bertanding Lebih Banyak

By Delia Mustikasari - Senin, 15 Juli 2024 | 15:32 WIB
Ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto dan Fajar Alfian, saat tampil pada perempat final Singapore Open 2024 di Kallang, Singapura, 31 Mei 2024. (PBSI)

BOLASPORT.COM - Undian bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 untuk nomor ganda putra telah digelar Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Senin (15/7/2024).

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tergabung di Grup C.

Fajar/Rian satu grup dengan Lucas Corvee/Ronan Labar (Prancis) yang menang banding kepada Badan Arbitrase Olahraga (CAS) dan peraih medali emas Asian Games 2022, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) melengkapi empat pasang ganda putra yang bersaing di Grup C.

Grup yang dihuni oleh 5 pasang adalah Grup D. Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) sebagai juara bertahan tergabung di grup tersebut.

Ada tambahan 1 pasang peserta di Grup D merupakan hasil keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang memerintahkan BWF untuk merekomendasikan kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) agar Corvee/Labar diikutsertakan dalam Olimpiade.

Kesalahan perhitungan poin ranking yang dilakukan BWF selama kualifikasi Olimpiade Paris 2024 pada nomor ganda putra benar-benar membuat semua pihak geram.

Pasalnya, kesalahan BWF itu sangat fatal dan mempengaruhi nasib sejumlah pasangan yang pada awalnya masih bisa lolos tapi justru tak lolos.

Salah satunya adalah wakil tuan rumah Lucas Corvee/Ronan Labar, hingga mereka mengajukan banding ke CAS (Komite Arbitrase Olahraga) dan dikabulkan.

Secara peringkat, hanya Chriso Popov/Toma Junior Popov yang berangkat. Mereka bahkan berada di luar peringkat 8 besar.