Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024 - Melempem Jelang Olimpiade hingga 'Dizalimi' BWF, Juara Bertahan Lee/Wang Buktikan Itu Bukan Halangan

By Delia Mustikasari - Sabtu, 3 Agustus 2024 | 00:08 WIB
Pasangan ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, berpose setelah memastikan diri ke final Olimpiade Paris 2024 seusai laga semifinal di Porte de la Chapelle Arena, Jumat (2/8/2024). (LUIS TATO/AFP)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, berhasil mengubah keterpurukan menjadi kekuatan pada Olimpiade Paris 2024.

Lee/Wang selangkah lagi mempertahankan gelar setelah meraih tiket final dengan mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), 18-21, 21-17, 21-10 pada laga di Porte de la Chapelle Arena, Jumat (2/8/2024).

Meski merupakan juara bertahan, Lee/Wang tidak diunggulkan karena performa mereka menurun setelah meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam turnamen BWF World Tour 2024 sebelum Olimpiade, Lee Yang/Wang Chi Lin tersingkir sejak babak awal.

Pada Malaysia Open 2024, Lee/Wang dikalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) pada babak pertama.

Hoki/Kobayashi juga menundukkan Lee/Wang pada babak 16 besar India Open 2024.

Pada Indonesia Masters 2024, langkah Lee Yang/Wang Chi Lin sebagai unggulan dua terhenti di tangan non-unggulan Thailand, Pharanyu Kaosamaang/Worrapol Thongsanga.

Lee/Wang lalu mencapai perempat final pada All England dan Swiss Open 2024.

Hasil buruk ini ditambah dengan hasil undian Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Lee/Wang tergabung di Grup D yang berisi 5 pasang karena Lucas Corvee/Ronan Labar (Prancis) menang banding kepada Badan Arbitrase Olahraga (CAS).

Ada tambahan 1 pasang peserta di Grup D merupakan hasil keputusan CAS yang memerintahkan BWF untuk merekomendasikan kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) agar Corvee/Labar diikutsertakan dalam Olimpiade.