Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024 - Indonesia Meroket dengan 1 Medali Emas Veddriq Leonardo, Malaysia Ditinggal

By Agung Kurniawan - Kamis, 8 Agustus 2024 | 18:35 WIB
Ekspresi pemanjat Indonesia, Veddriq Leonardo, saat meraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Kamis (8/8/2024) (FABRICE COFFRINI/AFP)

BOLASPORT.COM - Posisi kontingen Indonesia melejit seiring keberhasilan Veddriq Leonardo memboyong medali emas panjat tebing Olimpiade Paris 2024.

Harapan tim Merah-putih untuk meraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024 akhirnya terjawab melalui performa Veddriq Leonardo, Kamis (8/8/2024).

Tampil di Le Bourget Climbing Venue, Veddriq tidak terbendung pada nomor men's speed sejak babak perempat final atau delapan besar.

Di fase ini, pemanjat asal Pontianak, Kalimantan Barat tersebut membungkam tuan rumah Prancis melalui wakil mereka Bassa Mawem.

Melangkah ke babak semifinal, Veddriq berhadapan dengan Reza Ali Pour dari Iran di mana kali ini torehan waktu keduanya juga terbilang tipis.

Veddriq menorehkan catatan 4,78 detik sedangkan Reza berada di belakang melalui raihan 4,84 detik yang membuatnya kehilangan tempat di big final.

Untuk laga final sendiri, Veddriq berhadapan dengan wakil China Wu Peng yang secara mengejutkan tampil luar biasa di semifinal.

Wu Peng berhasil mengungguli pemanjat Amerika Serikat Sam Watson yang sebelumnya menorehkan rekor dunia.

Babak big final pun berjalan dengan ketat di mana Veddriq menorehkan waktu 4,75 detik dibandingkan Wu Peng yang menghasilkan 4,77 detik.

Baca Juga: Angkat Besi Olimpiade Paris 2024 - Mencuci Tangan dan Kaki Ibu Sebelum Mentas, Doa Ibu Iringi Debut Rizki Juniansyah