Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dukung Kontingen Indonesia di Olimpiade, Royke Lumowa Gowes Sepeda Sampai Paris

By Putri Annisa Maharani - Selasa, 13 Agustus 2024 | 14:00 WIB
Mantan Dirlantas Polda Metro Jaya, Irjen Pol (Purn) Royke Lumowa, saat konferensi pers yang diselenggarakan di Juanda, Jakarta, Senin (12/8/2024). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM)

BOLASPORT.COM - Mantan Dirlantas Polda Metro Jaya, Irjen Pol (Purn) Royke Lumowa datang langsung memberikan dukungan kepada kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 dengan cara yang spesial.

Pria yang akrab disapa Royke itu memberikan dukungan dengan bersepeda dari Jakarta ke Paris selama 387 hari sehingga datang tepat pada waktu Olimpiade sedang berlangsung.

Mantan Kapolda Sulawesi Utara itu menempuh jarak sejauh 20.620,87 kilometer. Sehingga, dengan jarak tersebut dia berhasil melintasi 44 negara dari 2 benua, yakni Asia dan Eropa.

Adapun 44 negara tersebut di antaranya yakni Singapura, Thailand, China, Nepal, India, Pakistan, Spanyol, Denmark, Swiss, Belgia, Inggris dan berakhir di Prancis.

Royke Lumowa mengungkapkan bahwa dia sangat bahagia dengan pencapaian ini. Menurutnya, ini suatu hal yang berawal dari mimpi menjadi kenyataan.

Hal ini diungkapkan saat pria kelahiran 1962 itu memberikan keterangan kepada awak media, termasuk BolaSport di Juanda, Jakarta, Senin (12/8/2024).

Baca Juga: Update Ranking BWF - Gregoria Naik Peringkat dan Dekati 5 Besar Dunia Usai Dapatkan Medali Olimpiade Paris 2024

"Ini bukan lagi mimpi, melainkan kenyataan. Kenyataan ini membuat hari saya begitu bahagia," kata Royke Lumowa.

"Saya ingin mengekspresikan pencapaian ini dengan melompat kegirangan dan menangis seraya berterima kasih kepada Tuhan atas perlindunganNYA."

Perjalanan Royke dengan sepedanya dimulai pada 8 Juli 2023 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta.