Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

SEA V League 2024 - Jadi Kapten, Dio Zulfikri Tingkatkan Komunikasi di Lapangan untuk Satukan Timnas Voli Putra Indonesia

By Delia Mustikasari - Selasa, 13 Agustus 2024 | 21:38 WIB
Atlet Timnas Voli Indonesia, Dio Zulfikri, yang ditemui usai latihan di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Selasa (13/8/2024). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM)

BOLASPORT.COM - Pebola voli putra Indonesia, Dio Zulfikri, memiliki tanggung jawab lain pada SEA V League 2024, 16-18 Agustus di Santa Rosa, Filipina.

Pemain berusia 28 tahun tersebut terpilih sebagai kapten tim timnas voli putra Indonesia yang mengusung misi mempertahankan gelar.

"Persiapan sangat mepet. Kami hanya mendapat waktu satu minggu latihan. Namun, itu dimanfaatkan pelatih untuk mencari komposisi pemain yang tepat untuk pertandingan ini," kata Dio kepada BolaSport.com di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/8/2024).

"Untuk chemistry masih belum karena kami baru bertemu satu minggu dan dari bermacam macam tim."

"Hal itu harus kami satukan untuk satu tujuan pada SEA V Leagua dan pelatih selalu memberi masukkan kepada kami agar cepat menyatu. Apalagi, waktu pertandingan sudah dekat."

Sebagai tim, pemain di posisi setter itu lebih meningkatkan komunikasi antar pemain.

"Apa kemauan pemain lain, saya sebagai setter harus cepat mengikuti. Bagaimana caranya bisa menyatukan tim ini lebih menekan kepada komunikasi," aku Dio.

Dio menjelaskan tidak ada rasa canggung bagi pemain junior kepada pemain senior.

"Pemain junior sekarang bisa mengikuti karena mereka memiliki pengalaman di banyak pertandingan. Semakin banyak jam terbang, semakin bagus untuk adik-adik baru di pelatnas," tutur Dio.

"Kalau ada beban lumayan ada beban (mempertahankan gelar) karena mempertahankan itu lebih sulit daripada mengejar."