Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Erick Thohir Diapresiasi usai Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia

By Abdul Rohman - Senin, 19 Agustus 2024 | 11:15 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat memberikan sambutan di BRI Center, Sudirman, Jakarta, Selasa (6/8/2024). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Kinerja Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, diapresiasi usai Maarten Paes yang akhirnya bisa membela timnas Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat sepak bola Indonesia, Akmal Marhali.

Diakui Akmal Marhali, kerja senyap Erick Thohir dalam menuntaskan proses naturalisasi Maarten Paes begitu memuaskan.

"Kerja keras Erick Thohir, walaupun dalam diam, tanpa gembar gembor, telah membuahkan hasil yang sangat menggembirakan," ucap Akmal Marhali.

"Bisa kita lihat bagaimana masyarakat sangat mendesak agar Marteen Paes segera bergabung dengan timnas."

"Dan hari ini, tuntutan tersebut telah dibuktikan oleh Erick (Thohir)," sambung Akmal Marhali dalam keterangan yang diterima, Senin (19/8/2024)

Maarten Paes kini akan menjadi tambahan tenaga untuk timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang mulai bergulir September 2024.

Tergabung di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, timnas Indonesia akan melawan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Baca Juga: Tembus 91 Gol, Erling Haaland Sudah Sejajar dengan Messi dan Ronaldo

Berdasarkan jadwal, timnas Indonesia membuka laga Grup C kontra Arab Saudi
di Stadion International King Abdullah, Jeddah, Kamis (5/9/2024).

Kemudian menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024).

"Kehadiran Maarten Paes menyempurnakan puzzle timnas untuk mengarungi Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Akmal.

"Ini langkah progresif yang dilakukan ketua umum PSSI untuk membangun timnas yang tangguh dalam visi besarnya transformasi sepakbola Indonesia menuju era prestasi," tutur Akmal.

Usai kedatangan kiper FC Dallas itu, sektor penjaga gawang skuad Garuda semakin banyak pilihan.

Saat ini Paes bakal bersaing dengan Ernando Ari, Adi Satryo, dan Nadeo Argawinata.

Nama Ernando Ari yang dalam beberapa laga terakhir timnas Indonesia selalu dimainkan.

"Penting untuk terus menggali potensi anak-anak muda di luar negeri dan memberi ruang bagi mereka untuk berkontribusi bagi bangsa," ucap Akmal.

Baca Juga: ONE 168: Denver - Pernah Kalahkan Anatoly Malykhin, Petarung Dagestan Shamil Erdogan Siap Taklukkan Aung La N Sang

"Mari kita bersatu untuk mendukung perjalanan timnas kita."

"Dan semoga keberhasilan ini menjadi awal dari banyak prestasi yang akan datang," tutupnya.

Sebelumnya, naturalisasi pemain kelahiran Belanda ini sempat terganjal aturan FIFA dan harus dibawa ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Lantaran, Paes, tercatat sempat membela timnas U-21 Belanda pada ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 yang saat itu usianya sudah memasuki 22 tahun.

Sementara berdasarkan berdasarkan regulasi FIFA, seorang pemain bisa berganti dan bermain untuk tim nasional lainnya jika berusia di bawah 21 tahun pada saat terakhir bermain baik itu tim junior ataupun senior di pertandingan resmi.

Sementara itu, Erick Thohir, percaya bahwa kehadiran Paes akan membuat tim asuhan Shin Tae-yong kian perkasa.

"Kami percaya bahwa Maarten Paes akan membawa dampak positif bagi tim dan membantu timnas Indonesia meraih prestasi lebih baik," ujar Menteri BUMN itu.

"Keputusan ini menunjukkan komitmen PSSI dalam mencari bakat-bakat terbaik untuk membangun masa depan sepak bola Indonesia," sambung Erick Thohir di laman resmi PSSI.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BolaSport.com (@bolasportcom)