Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marselino Ferdinan Beruntung, Pelatih Oxford United Paham Karakter Asia Berkat Jelajah India dan Australia

By Najm Ula - Selasa, 20 Agustus 2024 | 15:00 WIB
Oxford United berhasil promosi ke Divisi Championship. Pelatih Des Buckingham tak asing dengan sepak bola Asia. (OUFC.CO.UK)

BOLASPORT.COM - Marselino Ferdinan mendapatkan pelatih Oxford United yang berpengalaman menangani pesepak bola Asia, Des Buckingham.

Di antara banyak klub dan pelatih di Liga Inggris, rasanya Oxford United memang jodoh yang tepat buat Marselino Ferdinan.

Tidak hanya dimiliki orang Indonesia, Anindya Bakrie dan Erick Thohir, klub itu juga mempunyai pelatih berpengalaman di Asia.

Dia adalah Des Buckingham, pelatih muda berusia 39 tahun tetapi kenyang pengalaman menjelajahi dunia.

Coach Buckingham berjasa membawa Oxford promosi dari League One (kasta ketiga) menuju Championship pada musim lalu.

Perjalanan karier Buckingham tidak seperti kebanyakan pelatih Liga Inggris lainnya.

Saat belum menginjak 30 tahun, ia mencoba peruntungan di Selandia Baru dengan menjadi asisten pelatih Wellington Phoenix.

Masa tersebut berlanjut dengan melatih timnas Selandia Baru U-20 dan U-23, lalu menjadi asisten di klub Australia Melbourne City.

Tak berhenti di situ, Buckingham memanfaatkan jaringan City Football Group (yang menaungi Manchester City) untuk melatih Mumbai City.

Baca Juga: Jepang Pakai Striker Naturalisasi untuk Tembus Piala Dunia Pertama pada 1998, Timnas Indonesia Dalam Proses Mencontoh tetapi...