Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

BREAKING NEWS - Qatar Harap Minggir, Thailand Jadi Tuan Rumah Seri Pembuka MotoGP

By Ardhianto Wahyu - Rabu, 21 Agustus 2024 | 15:49 WIB
Suasana balapan MotoGP Thailand di Sirkuit Chang, Buriram, Thailand. Foto diambil ketika lomba sprint pada 28 Oktober 2023. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - MotoGP secara resmi mengumumkan kesepakatan dengan promotor GP Thailand untuk slot pertama dalam kalender kejuaraan.

MotoGP Thailand akan menjadi seri pembuka dari ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini untuk musim 2025 dan 2026.

Thailand menggantikan Qatar yang telah menjadi tuan rumah seri pembuka sejak 2007 dan hanya terputus satu kali pada 2023 karena renovasi.

Belum diketahui alasan Qatar untuk melepas posisi bergengsi sebagai tuan rumah seri pembuka MotoGP.

Padahal balapan perdana pada malam hari dan di tengah padang pasir telah menjadi ciri khas dari MotoGP selama hampir dua dekade terakhir.

Namun, tentang kenapa Thailand, Negeri Gajah Perang itu telah berhasil menyelenggarakan event yang meriah sejak pertama kali masuk ke kalender MotoGP pada 2018.

Dalam empat penyelenggaraan GP Thailand di MotoGP, lebih dari 800 ribu penggemar hadir untuk memadati Sirkuit Chang di Buriram.

"Kami sangat antusias untuk mengumumkan bahwa seri pembuka musim 2025 dan 2026 adalah GP Thailand di Buriram," kata CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Baca Juga: Red Bull Rookies Cup 2024 - Pengalaman 'Bonyok' Direkoyok, Sudah Tepat Veda Pelan-pelan Saja untuk Podium Perdana

"Asia Tenggara adalah salah satu pasar terpenting kami, baik untuk olahraga ini maupun untuk pabrikan dan mitra kami."