Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Update Ranking BWF - Ana/Tiwi Mulai Dekati Apriyani/Fadia Usai Meroket Tajam

By Delia Mustikasari - Selasa, 10 September 2024 | 11:03 WIB
Ganda putri Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi setelah memastikan juara di Australian Open 2024, di Sydney, Australia, 16 Juni 2024. (IZHAR KHAN/AFP)

BOLASPORT.COM - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) kembali merilis daftar peringkat terbaru setelah Taipei Open 2024 pada Selasa (10/9/2024).

Pada turnamen Super 300 tersebut, Indonesia membawa pulang satu gelar dan dua posisi runner-up.

Satu gelar dipersembahkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi (Ana/Tiwi) setelah mengalahkan rekan senegara, Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum.

Satu posisi runner-up lagi didapat Putri Kusuma Wardani yang kembali ke final turnamen BWF World Tour setelah 888 hari.

Hasil tersebut menempatkan Ana/Tiwi ke ranking ke-12 dunia. Ana/Tiwi naik tujuh anak tangga dan kini mendekati Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ranking ke-10 dunia.

Apriyani/Fadia belum mengikuti turnamen lagi setelah Olimpiade Paris 2024.

Jesita/Febi yang menembus tiga final beruntun setelah Indonesia International Challenge 2024, Indonesia Masters 2024 Super 100 dengan menjadi kampiun dan runner-up Taipei Open 2024 melesat lima anak tangga ke peringkat 32 dunia.

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose yang tidak bertanding karena Trias mengalami cedera engkel ada di ranking ke-38.

Begitu pula Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto yang sudah tidak ada lagi setelah Ribka memutuskan mundur dari pelatnas Cipayung turun ke ranking ke-42 dunia.

Lanny yang sementara bertandem dengan Rachel sekarang menempati urutan ke-103 dunia.