Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Pangkep Jadi Pembuka Seri Yamaha Cup Race 2024 Usai Absen 4 Tahun, 246 Starter Siap Bertarung

By Delia Mustikasari - Sabtu, 21 September 2024 | 21:48 WIB
Sesi kualifikasi Yamaha Cup Race 2024 di Sirkuit Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkep, Sulsel, Sabtu (21/9/2024). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Ajang balap legenda Tanah Air, Yamaha Cup Race 2024 dibuka di Sirkuit Pancasila Karaeng, Mallombassang, Pangkep, Sulawesi Selatan, 21-22 September setelah absen empat tahun.

Kali terakhir, Yamaha Cup Race digelar pada Maret 2019 di Boyolali, Jawa Tengah. Ajang ini sempat vakum karena pandemi Covid-19.

"Kami punya rencana menggelar Yamaha Cup Race pada Mei atau Juni dengan kota pertama di Sumatera (Medan)," kata Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Wahyu Rusmayadi kepada media, termasuk BolaSport.com di Pangkep, Sulsel, Sabtu (21/9/2024).

"Tetapi dari pemerintah dan KONI sudah ditetapkan akan ada renovasi, jadi kami langsung tunda dan pindahkan ke Makassar. Alasannya Makassar karena kami punya cerita kesuksesan disini."

"Saya juga yakin masyarakat dan fans disini sudah rindu dengan Yamaha Cup Race. Tapi ada yang sedikit berbeda. Biasanya digelar balapan malam (night race) tetapi kami ganti dengan daily race yakni balapan siang."

"Tantangannya balapan digelar di cuaca panas. Tetapi, di luar dari prediksi target kami yang 150 starter sekarang ada 246 starter dari 13 kelas yang kami selenggarakan."

"Terima kasih untuk seluruh, pihak baik dari IMI, tim, pembalap yang memang masih mencintai Yamaha Cup Race."

DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM
Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Wahyu Rusmayadi (kiri) dan Assistant General Manager CS Division PT. Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM), Johannes BMS (kanan) berpose seusai memberikan keterangan kepada media soal Yamaha Cup Race 2024 di Sirkuit Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkep, Sulsel, Sabtu (21/9/2024).

"Ternyata animonya sangat luar biasa sekali dan kami yakin dengan seri pertamanya di Pangkep bisa memberikan dampak positif untuk brand dan community yang ada di Yamaha Cup Race ini."

Menurut Wahyu, dengan jumlah kelas yang dipertandingkan, Yamaha Cup Race menjadi ajang yang ditunggu-tunggu pecinta balap Tanah Air, khususnya di Sulawesi.