Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MotoGP Indonesia 2024 Bergulir, Media Asing Soroti Ramah Tamah Masyarakat Lokal hingga Singgung IKN

By Nestri Y - Kamis, 26 September 2024 | 16:45 WIB
Ribuan penggemar menghadiri Parade Pembalap jelang MotoGP Indonesia 2024, di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (25/9/2024). (PERTAMINA PATRA NIAGA)

BOLASPORT.COM - Bergulirnya MotoGP Indonesia 2024 turut menjadikan Indonesia jadi perhatian sejumlah media Asing, dari keramahtamahan hingga sorotan tentang Ibu Kota Nusantara (IKN).

Balapan pada MotoGP Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, identik dengan penyatuan kompetisi balap modern dengan keasrian alam Lombok.

Pemandangan Sirkuit Mandalika di dekat bibir pantai juga menjadi pembeda tersendiri dari kebanyakan lokasi sirkuit-sirkuit lainnya untuk MotoGP.

Perhatian dari media asing pun tertuju pada Indonesia yang dipandang sebagai negara kepulauan dengan kekayaan alam melimpah.

Selain itu, faktor masyarakat yang murah senyum juga menjadikan sensasi balapan di Indonesia juga sering dinantikan para pembalap.

Baca Juga: MotoGP Indonesia 2024 - Semangat dan Waspada Marco Bezzecchi Balapan di Mandalika Lagi, Pecco Bagnaia Masih Dijagokan meski Masih di Bawah Martin

"Ciri khas Indonesia salah satunya adalah kesantunan khas penduduknya," demikian tulis media asal Swiss, Speedweek.

"Serta antusiasme masyarakat terhadap balapan dan para bintang Kejuaraan Dunia MotoGP, yang dirayakan dengan hingar-bingar dalam parade mobil di jalan-jalan yang ramai setelah tiba di bandara Lombok pada hari Rabu."

Pada parade pembalap yang dimulai dari rute Lapangan Sangkareang menuju Teras Udayana di Lombok, Rabu (25/9/2024), ribuan penggemar memang membanjiri sepanjang jalan untuk memeriahkan sesi acara tersebut.

Antusiasme tinggi dalam menyambut balapan roda dua paling bergengsi di dunia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pembalap dalam memandang Indonesia sebagai tuan rumah.