Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Sebut Perpindahan Federasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Hanya Butuh Waktu 3 Hari

By Wila Wildayanti - Selasa, 1 Oktober 2024 | 18:10 WIB
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders saat menjalani sumpah WNI pada Senin (30/9/2024). (PSSI)

BOLASPORT.COM - Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa proses perpindahan federasi untuk pemain naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders hanya butuh waktu tiga hingga lima hari.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akhirnya telah resmi menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), pada Senin (30/9/2024).

Untuk pengambilan sumpah dua calon pemain Timnas Indonesia ini berlangsung di Brussel, Belgia, Senin (30/9/2024) malam WIB.

Pengambilan sumpah kedua pemain keturunan ini dilakukan di luar negeri bukan spesial, hal ini karena kedua pemain tersebut memiliki jadwal yang padat bersama klub Liga Belanda.

Baca Juga: Aturan Bodoh, Mats Deijl Kesal Usai FIFA Resmi Tak Setujui Proses Naturalisasi Dirinya untuk Bela Timnas Malaysia

Selain jadwal padat bersama klub, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan akan menghadapi laga ketiga dan keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda akan melawan Barhain pada 10 Oktober 2024, dan kontra China pada 15 Oktober mendatang.

Untuk itu, pengambilan sumpah yang dilakukan di luar negeri ini tak ada yang spesial, tetapi lebih pada fleksibel mengingat kebutuhan Timnas Indonesia.

Setelah menjalani sumpah dan resmi menjadi WNI, proses selanjutnya yang dilakukan buat kedua pemain yakni perpindahan federasi.