Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Valentino Rossi Sekarang Beri Tahu Para Pembalapnya: Lihat Marc Marquez, Kita Harus Mempermudah Francesco Bagnaia

By Delia Mustikasari - Rabu, 2 Oktober 2024 | 00:22 WIB
Valentino Rossi memberi nasehat kepada Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46) sesaat sebelum balapan utama MotoGP Austria 2024 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (18/8/2024) dimulai. (X/VR46RACINGTEAM)

BOLASPORT.COM - Mantan Direktur Olahraga LCR Honda, Oscar Haro berpartisipasi dalam obrolan di saluran YouTube Nico Abad untuk berbicara tentang putaran MotoGP terakhir.

MotoGP Indonesia 2024 adalah tahap terakhir di mana para pembalap bertarung, dengan Jorge Martin memenangkan balapan atas rival terdekatnya, Francesco Bagnaia di tempat ketiga. 

"Anda tidak pernah tahu, maksud saya, mereka tidak pernah memberi tahu Anda mengapa mesin rusak," kata Haro dilansir dari MotoSan.

"Memang benar bahwa ketika mesin mengalami kecelakaan, ketika mesin jatuh, ia kehabisan pelumas, mesin tertinggal di tanah, sangat menderita karena pompa oli tidak mengirim oli ke poros."

"Jadi jika itu adalah mesin yang mengalami kecelakaan, biasanya itu menyebabkan masalah."

"Masalahnya adalah karena Anda tahu bahwa mesinnya tertutup, maka jumlah mesinnya terbatas untuk Ducati. Jadi, Anda harus memacu karena tidak ada lagi mesin."

Menurut Haro, mesin khusus digunakan Ducati untuk menang di Aragon.

"Biasanya Anda balapan dan kemudian, tergantung pada jarak tempuhnya, Anda melepasnya dan menggunakannya untuk latihan" ujar Haro.

"Motor itu adalah motor nomor 2, belum waktunya untuk balapan dengan motor itu tetapi itu harus dilakukan karena mungkin kilometernya pendek."

"Jika kilometernya pendek dan motor itu terjatuh, putarannya terlalu tinggi karena motornya sangat cepat berhenti, kehabisan pelumas dan biasanya merusak mesin tersebut," kata Haro.