Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nostalgia Valentino Rossi dengan 2 Pabrikan Jepang: Honda adalah Sebuah Karya seni dan Saat Saya Pindah ke Yamaha, 'Ya Ampun, ke Mana Kami Akan Pergi'

By Delia Mustikasari - Jumat, 4 Oktober 2024 | 00:00 WIB
Dua pembalap Italia, Valentino Rossi (kanan) dan Max Biaggi (kiri) pernah terlibat dalam rivalitas sengit di MotoGP (ALBERTO PIZZOLI/AFP)

BOLASPORT.COM - Legenda MotoGPValentino Rossi, menjelaskan bagaimana ia tiba di Yamaha setelah meninggalkan Honda.

Dalam Podcast Mig Babol milik Andrea Migno secara kronologis, pembalap Italia itu menceritakan apa yang terjadi dan setelah meninggalkan Honda, ia bergabung dengan Yamaha.

"Itu adalah pilihan yang sangat berani dan berisiko, tetapi itu memberi saya dorongan yang saya butuhkan," kata Rossi dilansir dari MotoSan.

"Saya meninggalkan Honda dan saya pikir kami akan mengalahkan mereka dengan Yamaha meskipun mereka tidak pernah naik podium. Honda benar-benar sebuah karya seni, motor yang indah."

"Ketika kami pergi untuk melihat Yamaha, saya berkata 'ya ampun... ke mana kami akan pergi'. Tetapi saya pikir saya akan mencobanya juga."

"Yamaha itu tidak buruk, tetapi memiliki masalah dengan mesin yang sangat 'mudah marah'. Meskipun demikian, saya harus mengatakan bahwa ketika Yamaha menangkap saya, itu benar-benar menangkap saya."

Rossi tidak ragu untuk mencobanya dengan motor itu.

"Kami menertawakannya selama bertahun-tahun, tetapi saya katakan itu sudah cukup, sekarang kami benar-benar akan melakukannya," ujar Rossi.

"Mereka menugaskan Masao Furusawa sebagai penanggung jawab proyek tersebut. Saya melakukan uji coba pertama dan saya langsung merasa kuat."

"Saat uji coba berakhir, dia berkata kepada saya, 'Baiklah, setelah tiga hari ini, menurut Anda apa yang harus kami lakukan untuk membuatnya bekerja dan mengalahkan Honda?'"