Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pengakuan Putri KW dari Tak Dipanggil Skuad Uber Cup 2024 hingga Lolos 2 Final Beruntun

By Delia Mustikasari - Jumat, 4 Oktober 2024 | 23:38 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, berpose di pelatnas Cipayung, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, atau Putri KW berhasil bangkit setelah prestasinya stagnan yang membuat dia tidak dipanggil dalam skuad Uber Cup 2024.

Tanpa Putri, tim Uber Cup Indonesia keluar sebagai runner-up setelah mengandalkan pemain yang lebih muda darinya yakni Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana.

Saat performanya menurun, Putri mengaku tidak membebani dirinya dengan banyak pikiran saat tengah terpuruk.

"Saya tidak mau memikirkan soal saingan, peringkat. Yang penting, saya bertukar pikiran dengan Papa dan Mama. Kayak ya sudah jalani saja. Mama dan papa saya selalu support, memotivasi," kata Putri ditemui BolaSport.com di pelatnas Cipayung, Jakarta.

"Mereka selalu bilang, 'Habiskan smua latihan yang diberikan pelatih. Nanti di luar itu kamu harus bisa tambahan sendiri.' Jadi, tidak mau memikirkan kayak Komang, Ester, yang lainnya sudah di atas dan saya masih disitu-situ saja."

"Saya tidak terlalu memikirkan. Lebih ke diri sendiri saat menghadapi keterpurukan itu.

Pemain berusia 22 tahun itu tidak menampik bahwa dia sempat merasa jatuh saat tidak terpilih masuk dalam skuad Uber Cup Indonesia dan pemain muda lebih disorot.

"Kalau down pasti ada, stres, banyak sedihnya. Tetapi, saya tidak mungkin menunjukkan ke media. Ada banyak, ada menangisnya juga di balik itu."

Putri lalu menceritakan hal yang membuat dia bisa bangkit untuk kembali memperbaiki performanya.

"Saya banyak bertukar pikiran juga terutama kepada Mama dan Papa yang selalu mendukung imanapun kondisinya. Kalau untuk di lapangan, selama saya terakhir jelang pertandingan persiapan harus maksimal sebisa mungkin," tutur Putri.