Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Suhandinata Cup 2024 - Tim Indonesia Akan Berebut Gelar dengan China pada Babak Final

By Delia Mustikasari - Jumat, 4 Oktober 2024 | 19:18 WIB
Pasangan ganda putra, Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan, pada perempat final Suhandinata Cup 2024 kontra India di Nanchang International Sports Center Gymnasium, Kamis (3/10/2024). (PBSI)

BOLASPORT.COM - Tim bulu tangkis Indonesia berhasil melaju ke final Kejuaraan Dunia Junior 2024 nomor beregu atau Suhandinata Cup 2024 setelah mengalahkan Jepang.

Skuad Garuda menyingkirkan Jepang pada semifinal dengan skor 110-105 di Nanchang International Sports Center, Nanchang, China, Jumat (4/10/2024) sore WIB.

Pada tiga pertandingan awal, Indonesia cukup mendominasi. Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine, Moh Zaki Ubaidillah dan Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana membawa Indonesia unggul 10 poin, 33-22.

"Alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan tapi memang tidak telak poinnya. Saya sempat kaget dan ada tekanan yang berbeda dengan kemarin. Mungkin karena ini semifinal," ucap Ubed, sapaan akrab Moh Zaki Ubaidillah.

"Pada paruh pertama tadi kami tahu, secara pengalaman dan umur mereka masih di bawah kami. Jadi tadi sebisa mungkin langsung menekan dan tidak memberikan banyak poin untuk lawan," kata Rinjani.

Masuk partai ke empat, Jepang perlahan bangkit. Mutiara dan Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo nyaris tidak dapat membendungnya. Jepang perkecil skor 55-51.

Isyana/Rinjani kembali turun di laga nomor enam, kali ini menghadapi ganda putri andalan Ririna Hiramoto/Aya Tamaki. Sempat tegang, Isyana/Rinjani akhirnya kembali memperlebar jarak menjadi 66-59.

"Ada ketegangan saat masuk lapangan di paruh kedua. Lawan ini memang seumuran dengan kami dan poinnya sedang ketat. Tapi tadi kami coba mengontrol diri untuk menghilangkan ketegangan," ucap Isyana.

"Beruntungnya lawan juga banyak melakukan kesalahan, ini menjadi kesempatan kami untuk terus mendapatkan poin," ujar Rinjani.

Jepang tidak menyerah begitu saja. Mereka terus berusaha menyalip perolehan poin namun setiap mendekat, Indonesia selalu punya cara untuk kembali menjauh.