Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tantangan Alwi Farhan di Masa Transisi ke Level Atas dan Mulai Kuliah, Termotivasi Saat Alex Lanier Sudah Raih Gelar Super 750

By Delia Mustikasari - Senin, 7 Oktober 2024 | 19:52 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, berpose di pelatnas Cipayung, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, mulai menapak ke persaingan level tinggi setelah mulai meninggalkan kelas junior dengan titel Juara Dunia Junior 2023.

Pemain berusia 19 tahun tersebut setelah itu mulai mengikuti turnamen yang masuk kalender BWF dan terakhir kali dia mencapai semifinal Macau Open 2024 yang masuk level Super 300.

Tampil di Macao East Asian Games Dome, Sabtu (28/9/2024), Alwi kalah melalui rubber game dengan skor 21-8, 18-21, 16-21.

Demi mencapai prestasi yang lebih baik, Alwi menutup sementara akun Instagram pribadinya.

"Alangkah baiknya untuk menjaga fokus saya. Saran dari pelatih juga untuk sementara tidak bermain sosmed (sosial media). Jadi, saya memutuskan non aktif sejenak," kata Alwi ditemui BolaSport.com di pelatnas Cipayung, Jakarta.

"Sebenarnya tidak ada masalah, ya belakangan mungkin saya harus mencari jati diri saya, mental saya. Belakangan ini mungkin pelatih melihat hilang dalam diri saya."

"Saya coba mencari itu lagi (kekuatan mental). Alhamdulillah kemarin mendapat hasil positif di Macau. Tidak terlalu memikirkan hasil, tetapi progress untuk memperbaiki dirinya ada. Jadi, hasilnya mengikuti sebagai bonus."

Alwi mengaku dia tidak aktif bersosial media selama dua pekan.

"Untuk menjaga fokus karena sudah mulai ada target yang tinggi juga. Ingin secepatnya menaikkan peringkat juga," aku Alwi.

"Menurut saya terlalu banyak melihat bisa membuat fokus kita jadi bercabang sehingga alangkah baiknya untuk stop dulu sementara."