Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

M1 Boros Bensin dan Bikin Pembalap Sendiri Hampir Jantungan Selama Balapan, Kapan Motor V4 Yamaha Tersedia di MotoGP?

By Ardhianto Wahyu - Rabu, 9 Oktober 2024 | 06:00 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, memimpin Johann Zarco (LCR Honda) dan Raul Fernandez (Trackhouse Racing) pada balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Motegi, Jepang, 6 Oktober 2024. (YAMAHA MOTOR RACING SRL)

BOLASPORT.COM - Yamaha berkubang dalam krisis setelah kesulitan yang dialami para pembalap mereka dalam balapan seri ke-16 MotoGP Jepang akhir pekan lalu.

Setelah dibuai dengan performa kompetitif dalam akhir pekan di Misano dan Mandalika, Fabio Quartararo dkk. kembali dibuat frustrasi.

Quartararo selaku ujung tombak pun tak berdaya untuk sekadar finis di posisi 10 sebagaimana tiga balapan sebelum seri kandang pabrikan garpu tala.

Bahkan untuk menjadi yang terbaik di antara pabrikan Jepang yang tengah kesulitan, El Diablo gagal dengan cara yang tragis dalam lomba di Motegi pada Minggu (6/10/2024).

Motor Yamaha YZR-M1 yang dikemudikan Quartararo kehabisan bensin sehingga posisi ke-11 yang dihuninya direbut rider LCR Honda, Johann Zarco, jelang garis finis.

Ini menjadi kali kedua motor Quartararo kehabisan tenaga karena masalah bahan bakar setelah kejadian serupa pada balapan GP Emilia Romagna di Misano.

Bedanya, rasa kesal tertutupi karena performa M1 meningkat hingga Quartararo merangsek ke posisi lima walau kemudian melorot dua tingkat karena menjadi tak berdaya.

Jika Quartararo kehabisan kesabarannya, rekan setimnya di Monster Energy Yamaha yaitu Alex Rins kehabisan tenaga dan kata-kata.

Baca Juga: Momen Habis Bensin Lagi Bikin Fabio Quartararo Merasa Bodoh, Yamaha Tak Membantu dengan Dasbor yang Tipu Pembalap Sendiri

Rins dipaksa bergumul dengan motornya sendiri sepanjang balapan karena masalah akut Yamaha yaitu grip ban belakang.