Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marc Marquez Saja Minggat, Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir Merasa Kariernya Terhambat Sejak Gabung Honda

By Agung Kurniawan - Sabtu, 12 Oktober 2024 | 17:40 WIB
Pembalap Repsol Honda, Joan Mir, pada MotoGP Jerman 2024 (HONDA RACING CORPORATION)

BOLASPORT.COM - Joan Mir mengutarakan perasaannya menyusul rentetan hasil buruk yang dia dapatkan sejak bergabung dengan Honda di kelas MotoGP.

Hingga MotoGP 2024 menyisakan empat seri terakhir, Joan Mir masih belum bisa tampil kompetitif bersama Repsol Honda yang sudah dibela sejak 2023.

Juara dunia kelas MotoGP musim 2020 itu bergabung dengan Honda setelah tim lamanya Suzuki menarik diri dari ajang balap motor paling bergengsi ini.

Selama mengaspal untuk Suzuki dari musim 2019 hingga 2022, penampilan Mir cukup kompetitif di mana dia menorehkan 13 podium dengan satu kemenangan.

Puncak kejayaan Mir bersama pasukan Hamamatsu terjadi pada musim 2020 di mana dia berhasil mengejutkan banyak pihak dengan menjadi juara dunia.

Menunggangi RC213V di Repsol Honda, Mir mengalami situasi yang jauh berbeda dengan rentetan kesulitan yang terus dia alami di lintasan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak musim 2020 performa Honda secara tim sangat berbeda dengan label yang tersemat sebagai tim juara.

Kecelakaan Marc Marquez di Sirkuit Jerez, Spanyol menjadi awal petaka bagi tim berlogo sayap tunggal itu yang akhirnya sulit mengembangkan RC213V.

Poin maksimal, podium, dan kemenangan Honda usai musim tersebut sebagian besar hanya bersumber dari Marc Marquez seorang.

Baca Juga: Pendahulu Francesco Bagnaia Marah dan Malu Sendiri karena Kejadian Terhadap Marc Marquez 5 Tahun Lalu