Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Taklukkan Puncak Cartensz Bersama Sheikha Asma Al-Thani, Ketum NOC Indonesia Bawa Misi Mulia

By Putri Annisa Maharani - Senin, 14 Oktober 2024 | 18:45 WIB
Konferensi Pers Perjalanan Sheikha Asma Al-Thani ke Cartensz Pyramid Bersama Ketua Umum NOC Indonesia, yang diselenggarakan di Kantor NOC Indonesia, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM)

BOLASPORT.COM - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, bersama Direktur Pemasaran dan Komunikasi NOC Qatar, Sheikha Asma Al-Thani, menaklukkan puncak gunung tertinggi Indonesia, yakni Puncak Jaya (Cartensz Pyramid).

Pria yang akrab disapa Okto itu melakukan perjalanan tersebut dalam misi mendampingi wanita asal Qatar itu untuk menuntaskan pencapaiannya sebagai The Explorer’s Grand Slam.

Titel tersebut diberikan kepada pendaki yang mampu mencapai puncak tujuh gunung tertinggi di setiap benua dan bermain ski sampai di titik nol derajat pada masing-masing kutub.

Setelah berhasil mencapai Puncak Jaya (Cartensz Pyramid), Sheikha Asma Al-Thani menjadi wanita Arab pertama yang berhasil menyandang gelar Explorers Grand Slam.

Selain itu, dia juga menjadi orang Qatar pertama yang menginjakkan kaki di Puncak Cartensz.

Pendakian dilakukan pada awal Oktober lalu.

Baca Juga: Akhirnya Unek-unek Itu Keluar, Bos Pramac Jujur Kesal dengan Ducati: Mereka Korbankan Talenta Muda demi Satu Nama, Marc Marquez

Okto mengaku bahwa perjalanannya bersama petinggi NOC Qatar tersebut tidak mudah. Pasalnya, Puncak Cartensz merupakan salah satu gunung dengan lintasan yang menantang.

Hal ini diungkapkan langsung oleh pria berusia 49 tahun itu saat konferensi pers yang diselenggarakan di Kantor NOC Indonesia, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024).

"Untuk berdiri saja susah, karena ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia," ucap Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.