Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MotoGP Australia 2024 - Junior Marc Marquez Akan Balapan Tanpa Sponsor hingga Akhir Musim Setelah Insiden Ikat Kepala di Jepang

By Delia Mustikasari - Rabu, 16 Oktober 2024 | 15:13 WIB
Pembalap QJMOTOR Gresini, Manuel Gonzalez, berpose setelah memenangi balapan Moto2 Jepang 2024 di Sirkuit Motegi, Minggu (6/10/2024). (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP)

BOLASPORT.COM - Dampak dari insiden ikat kepala Manuel Gonzalez membuat tim Gresini Moto2 akan balapan 'tanpa merek' untuk empat putaran terakhir MotoGP musim 2024.

Kemenangan perdana Gonzalez pada Moto2 dibayangi ketika sponsor utama QJMOTOR sangat keberatan dengan pembalap Spanyol itu yang difoto mengenakan ikat kepala tradisional Jepang di grid sebelum balapan.

QJMOTOR mengatakan bahwa gambar tersebut menyinggung perasaan di China karena kekejaman yang dilakukan oleh Jepang selama Perang Dunia Kedua.

Namun, pihak QJMotor mengakui bahwa itu adalah isyarat yang tidak disengaja karena kurangnya pengetahuan tentang sejarah China.

Meskipun demikian, QJMOTOR tampaknya meminta Gresini 'menghentikan semua kerja sama dengan pembalap yang terlibat (Gonzalez).

Pratinjau Gresini untuk MotoGP Australia 2024 akhir pekan ini mengklarifikasi bahwa junior Marc Marquez di Gresini itu akan terus bersama Albert Arenas.

Namun, 'sebagai bentuk penghormatan terhadap China, tim akan berlomba tanpa merek, sementara diskusi terus berlanjut dengan sponsor utamanya.

Sirkuit Motegi juga menggelar insiden yang melibatkan Manuel Gonzalez yang mengenakan ikat kepala Jepang saat start.

Tindakan seperti itu meskipun tidak disengaja akhirnya melukai kepekaan orang-orang China.

QJMOTOR dan GRESINI RACING sekarang sedang menjalankan diskusi positif dan diharapkan semuanya akan segera diselesaikan.