Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia didapuk Sebagai Tuan Rumah Gymnastics World Championships, PB Persani Rilis Logo

By Putri Annisa Maharani - Rabu, 16 Oktober 2024 | 18:40 WIB
Konferensi Pers Peluncuran Logo 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships (Jakarta Gymnastics 2025) yang diselenggarakan di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024). (PUTRI ANNISA/BOLASPORTCOM)

BOLASPORT.COM - Untuk pertama kalinya, Gymnastics World Championships akan diselenggarakan di Jakarta, Indonesia.

Indonesia menjadi negara pertama yang didapuk sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya di Asia Tenggara.

Sebagai informasi, hingga saat ini, di Asia, hanya China, Jepang, dan Qatar yang pernah menjadi tuan rumah Artistic Gymnastics World Championships.

Ajang kompetisi olahraga senam ini akan bergulir pada 14 hingga 25 Oktober 2025. 

Sebagai olahraga unggulan di Olimpiade, 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships (Jakarta Gymnastics 2025) lebih dari sekadar kompetisi.

Event ini melambangkan pertumbuhan dan kemajuan Asia Tenggara melalui kekuatan olahraga.

Baca Juga: Hasil Denmark Open 2024 - Ratu Bulu Tangkis Thailand Meneror An Se-young, Pemain Jerman Terkunci Telak 9-0 

Satu tahun menjelang pagelaran, Ketua Umum PB Persatuan Senam Indonesia (Persani), Ita Yuliati mengungkapkan persiapan untuk event tersebut.

Salah satunya, Local Organzing Committee (LOC) berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Federasi GymnasticsInternasional (FIG) meluncurkan logo resmi Jakarta Gymnastics 2025 tersebut.

“Acara hari ini sangat spesial. Di mana, ini menjadi langkah awal Gymnastics Indonesia menuju dunia,” ungkap Ketum PB Persani, Ita Yuliati.

“Hari ini kita launching logo. Kami juga apresiasi kepada pemerintah melalui Kemenpora, KONI, KOI yang telah memberikan suport kepada kami.”

“Berkat itu kami berhasil meloloskan satu atlet kami, Rifda Irfanaluthfi ke Olimpiade Paris 2024.”

Baca Juga: Hasil Denmark Open 2024 - Nyaris Ditikung Lalu Menikung, Putri KW Hentikan Laju Mimpi Buruk Gregoria Mariska 

Nantinya, kompetisi olahraga senam ini akan menggunakan Indonesia Arena sebagai venue resmi.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketum PB Persani itu saat konferensi pers yang diselenggarakan di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

“Kami telah menentukan venue di Indonesia Arena.”

“Acara akan diadakan 14-25 Oktober 2025, diikuti oleh 60 negara dengan 400-500 atlet gimnastik.”

“Hotel dan fasilitas lainnya juga sudah kita tentukan di sekitar Senayan,” kata Ita menambahkan.

Logo untuk 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships (Jakarta Gymnastics 2025) merepresentasikan elemen inti dari senam, yakni kekuatan otot dan gerakan yang elegan. 

Baca Juga: Denmark Open 2024 - Akane Yamaguchi Tumbang di Tangan Underdog yang Didampingi Eks Kompatriot Anthony Ginting di PBSI

Desain yang tampak mengalir menggambarkan seorangpesenam sedang beraksi, membentuk angka 53, mencerminkan edisi World Championships di Jakarta.

Jakarta Gymnastics 2025 bertujuan untuk mengispirasi semangat generasi, dari yang muda hingga lanjut usia, melaluipesan kuat “Move to Inspire,” yang memotivasi semua orang untuk aktif dan terlibat aktif dalam semangat senam.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Ita itu mengatakan bahwa tempat latihan atlet dalam rangka persiapan Jakarta Gymnastics 2025 yang berlokasi di Cibubur itu ditargetkan akan rampung pada Desember 2024.

Selain itu, PB Persani juga akan mendatangkan pelatih dari Jepang untuk menghadapi kejuaraan berskala internasional ini.

Baca Juga: Liga Voli Korea - Megawati Disingkirkan Media Sebagai Pemain Kunci, Takdir Red Sparks di Tangan Vanja Bukilic

“Untuk persiapan atlet-atlet kita, kami akan mendatangkan pelatih dari Jepang,” kata Ita.

“Saat ini kami juga sedang intens berkomunikasi dengan pihak Jepang.”

Indonesia sendiri nantinya akan diwakilkan oleh tiga atlet putra dan tiga atlet putri.

Namun, atlet andalan Persani, Rifda Irfanaluthfi masih belum bisa diturunkan karena masih dalam proses penyembuhan pasca cedera ACL yang dideritanya daat Olimpiade Paris 2024.