Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Update Ranking BWF - An Se-young Kembali ke Takhta meski Gagal Juara, Jonatan Digeser Deputi Viktor Axelsen

By Delia Mustikasari - Selasa, 22 Oktober 2024 | 12:00 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Korea Selatan, An Se-young, pada final Olimpiade Paris 2024 di Porte de la Chapelle Arena, Senin (5/8/2024). (LUIS TATO/AFP)

BOLASPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putri Korea Selatan, An Se-young, hanya butuh mengikuti satu turnamen untuk kembali ke puncak peringkat dunia.

An turun ke posisi kedua dunia pada 8 Oktober karena belum berkompetisi lagi setelah meraih medali emas Olimpiade Paris 2024.

Pemulihan cedera lutut dan konflik tentang apa yang dia alami di pelatnas dengan Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan (BKA) membuat dia absen selama dua bulan.

An mulai mengikuti turnamen pada Denmark Open 2024 yang berlevel Super 750 meski belum berhasil menjadi juara.

Pebulu tangkis berusia 22 tahun itu harus mengakui keunggulan Wang Zhi Yi (China), 10-21, 12-21. 

Meski begitu, hasil sebagai runner-up Denmark Open 2024 mengantarnya ke ranking 1 dunia dalam daftar peringkat yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Selasa (22/10/2024).

An Se-young sendiri mengakui bahwa kondisi kebugaran fisiknya masih belum mencapai 100 persen.

Cedera lutut kanannya memang sudah membaik, tetapi perban yang masih menempel menunjukkan bahwa dia belum bisa dikatakan benar-benar fit.

"Saya harus kembali ke Korea dan memulihkan kondisi fisik saya," ucap An Se-young dikutip BolaSport.com dari TV2 Sport Denmark.

"Saya belum tahu kapan saya akan mengikuti turnamen lagi, karena kondisi fisik saya tidak terasa baik setelah pertandingan ini."